Buah-buahan

4 Buah Terbaik untuk Penderita Maag, Aman dan Gak Bikin Asam Lambung Kambuh

Maag merupakan salah satu penyakit yang timbul akibat kenaikan asam lambung yang biasanya dipicu oleh beberapa hal, salah satunya buah dengan kandungan asam tinggi.

64

Maag merupakan salah satu penyakit yang timbul akibat kenaikan asam lambung yang biasanya dipicu oleh beberapa hal, salah satunya buah dengan kandungan asam tinggi.

Oleh karena itu, penderita maag harus jeli dalam memilih makanan yang cocok untuk dikonsumsi. Salah satunya dalam hal memilih buah-buahan.

Tentunya buah mengandung banyak khasiat, namun ada buah dengan kadar asam tinggi yang kurang cocok untuk penderita maag. Di antaranya adalah buah buahan sitrus, seperti lemon dan jeruk yang berisiko meningkatkan asam lambung.

Tetapi, bukan berarti para penderita sakit maag tidak diperbolehkan untuk  mengonsumsi buah-buahan, ya. Ada beberapa buah yang aman untuk dikonsumsi penderita maag dan aman untuk asam lambung.

4 Buah Terbaik Aman Untuk Penderita Maag

Yuk, simak informasi selengkapnya dalam artikel berikut ini, ya.

1. Pisang

Pisang merupakan salah satu jenis buah yang aman untuk asam lambung sebab kandungan asamnya yang rendah. Selain itu, buah yang ditemukan di negara tropis ini mampu melapisi kerongkongan yang teriritasi akibat naiknya asam lambung.

Gak hanya itu, saat asam lambung melonjak, pisang diyakini mampu menetralisir kadar asam dan meringankan gejala maag, lho.

2. Kelapa

Buah yang terkenal menyegarkan ini ternyata juga kaya khasiat khususnya bagi penderita maag. Terdapat mineral kalium dan berbagai senyawa lainnya yang mampu memperlancar sistem pencernaan.

Kelapa juga dipercaya bisa menjaga suhu tubuh kita tetap normal dan dapat mencegah radang lambung. Jika maag sedang kambuh, maka kelapa cocok untuk mengatasinya. 

3. Alpukat

Alpukat dapat dijuluki sebagai buah universal yang dapat diolah menjadi berbagai jenis hidangan, mulai dari jus, salad, es campur, hingga isian roti lapis.

Selain mengandung lemak baik, alpukat tergolong sebagai buah yang rendah asam sehingga aman dikonsumsi oleh penderita maag. Buah yang satu ini juga sering dijadikan menu diet sehat sebab baik untuk pencernaan.

4. Apel

Apel merupakan buah yang kaya serat dan sumber nutrisi baik, seperti kalsium, kalium, dan magnesium. Zat tersebut rupanya memiliki peran khusus yaitu meredakan gejala asam lambung.

Namun, pemilihan apel harus dilakukan dengan tepat. Apel merah umumnya lebih manis dan aman dikonsumsi penderita maag dibandingkan apel hijau yang cenderung lebih asam.

Nah, itu dia beberapa buah yang aman dikonsumsi oleh penderita maag. Apakah ada buah kesukaan kamu?