Buah-buahan

Ingin Menanam Tomat Cherry di Rumah? Perhatikan Dulu Hal Ini!

Tomat sebenarnya masuk ke dalam kategori sayuran, namun oleh masyarakat umum, tomat lebih dikenal dengan jenis buah-buahan.

45

Tomat sebenarnya masuk ke dalam kategori sayuran, namun oleh masyarakat umum, tomat lebih dikenal dengan jenis buah-buahan. Tomat juga mempunyai beberapa jenis dan ukuran, namun salah satu jenis tomat yang menarik perhatian masyarakat adalah tomat cherry yang bentuknya mungil. Keberadaan tomat ini zaman dahulu tidak begitu populer, namun saat ini tomat cherry menjadi semakin populer karena sering dijadikan tambahan olahan pada salad.

Tomat cherry mempunyai ukuran sebesar 10-20 gram pada umumnya, selain itu rasa tomat cherry cenderung lebih manis daripada tomat lain dan mengandung banyak air. Buah ini juga memiliki sekat biji sebanyak 2 yang menjadi karakteristiknya. Ada beberapa tomat cherry yang rasanya asam, namun sangat jarang, karena tomat cherry memiliki kandungan gula yang lebih tinggi.

Mengenal Tomat Cherry

Sumber gambar: bukalapak

Tomat Cherry masuk ke dalam famili Solanaceae dengan nama species Solanum lycopersicum var. cerasiforme. Tomat jenis ini mulai terkenal pada tahun 1800-an, yang berasal dari negara Peru dan negara Chili di bagian utara. Tanaman tomat cherry umumnya tumbuh subur di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 600-1200 dpl. Selain itu, tomat cherry dapat tumbuh dengan optimal dengan kondisi suhu 16-270C, dengan PH tanah di angka 5,5-7. Namun, biasanya tanaman tomat ini jarang dibudidayakan di lahan konvensional, karena lebih banyak dibudidayakan dalam lahan hidroponik.

Kandungan Gizi Tomat Cherry

Ternyata tomat cherry memiliki kandungan gizi yang cukup banyak bagi tubuh manusia. Menurut para ahli di bidang kesehatan, dalam 100 gram tomat cherry mengandung kalori sebesar 28 kkal, tomat cherry juga banyak mengandung likopen dan air. Berikut ini uraian kandungan gizi secara lengkap yang dimiliki tomat cherry:

  • Serat 1,8 gram
  • Protein 0,79 gram
  • Kalsium 36 mg
  • Gula 4,55 gram
  • Zat besi 1,31 mg
  • Vitamin A 204,6 mcg
  • Vitamin C 10,9 mcg
  • Kalium 270 mcg
  • Natrium 100 g

Manfaat Tomat Cherry

Selain memiliki segudang kandungan gizi yang baik bagi tubuh, tomat cherry juga mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Beberapa manfaat dari tomat cherry adalah sebagai berikut:

  1. Menurunkan tekanan pada dinding otot jantung sehingga tekanan darah menjadi berkurang. Itulah sebabnya tomat cherry bagus bagi penderita penyakit jantung.
  2. Menurunkan berat badan manusia, karena tomat cherry memiliki kalori yang rendah, mengandung cukup banyak serat dan air sehingga bisa menurunkan berat badan.
  3. Mengatasi sembelit karena tomat cherry mengandung serat yang cukup banyak sehingga memudahkan feses ke luar melalui anus.
  4. Mengendalikan gula darah, karena tomat cherry mengandung indeks glikemik yang rendah. Indeks ini merupakan angka yang menunjukkan seberapa cepat makanan dalam meningkatkan gula darah.
  5. Menurunkan kolesterol karena tomat cherry mengandung serat dan dari serat tersebut akan membentuk sebuah lapisan gel yang berfungsi untuk menyerap kolesterol.

Cara Budidaya Tomat Cherry

Tomat cherry selain bisa dilakukan penanaman di dataran tinggi, Anda juga bisa melakukannya di rumah. Ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menanam di dalam pot dan juga melakukan penyemaian bibit. Langkah-langkah untuk menanam tomat cherry di dalam pot adalah sebagai berikut:

Dengan Menggunakan Pot

Tahap 1: Persiapkan Bahan dan Alat

Alat yang perlu dipersiapkan adalah pot dengan ukuran diameter lebih dari 30 cm, media tanah top soil, pupuk kompos, tanah pasir dengan perbandingan 1:1:1/2. Jangan lupa untuk mempersiapkan batang bambu sebanyak 2-4 batang serta pupuk kompos dan pupuk TSP.

Tahap 2: Mengambil Pot Tanaman

Ambillah pot kemudian isi dengan media tanam sebanyak 2/3 bagian. Anda juga bisa mengambil media tanam hingga menutupi seluruh akar dan bagian pangkal batang tomat cherry dengan ukuran 1-3 cm.

Tahap 3: Membuat Bagian Penopang Tanaman

Membuat penopang baiknya dilakukan di awal, pada saat tinggi tanaman mencapai 10-15 cm. Untuk tomat cherry diletakkan mengelilingi tanaman serta jarak tanaman dengan penopang berkisar 10-20 cm.

Tahap 4: Melakukan Penyiraman Teratur

Setelah membuat bagian penopang tanaman, maka Anda bisa melakukan penyiraman secara teratur guna membuat tanaman menjadi subur dan cepat berbuah. Perlu diperhatikan agar tanaman tomat cherry tidak terlalu tergenang air.

Tahap 5: Memangkas Anak Daun 

Anak daun tomat cherry harus dipangkas agar tidak membuat tanaman tomat tumbuh dengan miring. Jika buah tomat sudah terlihat tumbuh 5-7 tanaman, maka perlu dilakukan pemotongan pada bagian ujung tunas tanaman, gunanya agar tanaman tomat berbuah lebih banyak.

Dengan Metode Penyemaian

Namun, apabila Anda tidak menggunakan pot melainkan menggunakan metode penyemaian bibit untuk menanam tomat cherry, maka Langkah-langkahnya adalah:

Tahap 1: Siapkan Media Tanam

Media tanam yang harus disiapkan adalah tanah top soil dan pupuk kompos. Kemudian media semai diletakkan dalam polybag.

Tahap 2: Membuat Lubang Semai

Buat lubang semai yang memiliki kedalaman 1cm, letakkan biji tomat, lalu tutup kembali dengan media tanam.

Tahap 3: Basahi Media Semai

Basahi media semai menggunakan air secukupnya, namun jangan sampai tanaman menjadi tergenang.

Tahap 4: Lakukan Penyiraman Teratur

Melakukan penyiraman setiap pagi dan sore dengan teratur agar hasilnya maksimal.

Tahap 5: Tutup Media Semai Menggunakan Koran

Untuk menjaga kelembapan, maka tutup media semai dengan menggunakan koran.

Tahap 6: Pindahkan Bibit ke Dalam Pot Jika Sudah 2 Minggu

Jika sudah berumur 2 minggu, maka pindahkan bibit tomat ke dalam pot. Kurang lebih 5-7 minggu, tomat cherry akan mulai berbuah.

Demikianlah cara efektif untuk menanam tomat cherry di rumah. Selamat mencoba.