Filled in Buah-buahan by ohokris

Jeruk Cuka, Emang Ada ???

Published 27 Dec 2022 0015

Sudachi adalah buah kecil dari jepang yang memiliki asam seperti lemon dan biasanya di pakai di  untuk bahan makanan lohh!

'Biasa Sudachi di olah dan di pakai untuk apa si min?'

Penasaran?? ayo simak!

Sudachi mirip dengan yuzu, tetapi sudachi jauh lebih kecil dari yuzu, Sudachi memiliki warna hijau tua dan jika sudah matang sudachi akan menjadi kuning, dan lebih lunak. Sudachi biasa di pakai untuk diperas di atas ikan bakar loh.  Sudachi telah menjadi bagian dari rempah untuk masakan Jepang sejak awal sejarah negara lohh. 

Sudachi memiliki ukuran rata-rata berdiameter 3 sampai 4 sentimeter dan berat 20 sampai 25 gram. Sudachi memiliki bentuk bulat pepat, agak pipih dengan tepinya yang melengkung, memiliki Kulit yang tipis, kencang, kasar.

Akan berubah dari hijau tua menjadi kuning-oranye cerah saat matang. Kulitnya juga tertutup kelenjar minyak yang menonjol,dengan tekstur bopeng dan berkerikil. Di bawah permukaannya,Sudachi memiliki lapisan empulur pahit putih yang mengelilingi daging kuning pucat yang terbagi menjadi 10 hingga 11 ruas oleh selaput tipis. Dagingnya empuk, lembut, dan berair, terkenal dengan kandungan sarinya yang tinggi.  Dagingnya juga membungkus banyak biji, terkadang dalam 1 buah terdapat sembilan biji per buah. Sudachi beraroma harum dengan aroma yang cerah dan menyegarkan.

Sudachi biasanya tersedia pada musim gugur hingga musim dingin. Di Jepang, varietas ini juga dibudidayakan di rumah kaca agar dapat menyediakan ketersediaan sepanjang tahun loh.

Sudachi adalah jeruk Jepang yang termasuk dalam kelompok Rutaceae. Buah-buahan kecil tumbuh berkelompok di pohon yang tingginya mencapai tujuh meter dan merupakan jeruk khusus yang diminati karena memiliki air dan kulitnya yang asam.Sudachi umumnya diberi label seperti jeruk nipis.Tetapi Sudachi biasanya digunakan sebagai bahan penyedap daripada dimakan sebagai buah. Sehingga Sudachi di anggap menjadi "jeruk cuka", dan biasanya buah yang di pilih pun juga buah yang masi bewarna hijau alias belum matang karena diyakini mengandung rasa yang paling menyegarkan.

Sudachi banyak ditemukan di Jepang dan telah  diperluas ke beberapa wilayah hingga ke seluruh dunia untuk memenuhi permintaan yang terus  meningkat.

sudachi digunakan oleh koki dan juru masak rumahan dan menjadi bahan untuk meningkatkan rasa dalam olahan makanan manis dan gurih mu loh!

Selain mempunyai rasa yang menyegarkan, Sudachi juga memiliki kandungan dan khasiat yang sehat bagi kesehatan tubuh mu loh!

berikut kandungan vitamin serta kegunaannya.

 

Sudachi memiliki kandungan :

Vitamin C untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, serat untuk mengatur saluran pencernaan. Memiliki kandungan vitamin A   yang berfungsi untuk menjaga kesehatan fungsi organ,serta kalsium untuk membangun tulang dan serta membuat gigi menjadi kuat. 

Sudachi juga memiliki vitamin E yang berfungsi untuk mengurangi peradangan, antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Potasium untuk menyeimbangkan kadar cairan, dan nutrisi lainnya, termasuk zat besi, magnesium, dan fosfor. 

Di Jepang, jeruk Sudachi digunakan dalam pengobatan alami untuk meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi peradangan, dan mengurangi kelelahan.

 

0

Share on

Newsletter.

Don't miss any article, subscribe to the newsletter and you'll be notified when new article was published