Buah-buahan

Jeruk Mandarin Sang RAJA JERUK

Jeruk mandarin atau dikenal dengan nama ilmiahnya yaitu citrus reticulata, yang berasal dari negara tiongkok adalah jenis jeruk yang paling digemari masyarakat dunia karena jeruk mandarin memiliki rasa yang sangat manis dan memiliki manfaat yang sangat banyak kepada tubuh kita.

66

Jeruk mandarin atau dikenal dengan nama ilmiahnya yaitu citrus reticulata, yang berasal dari negara tiongkok adalah jenis jeruk yang paling digemari masyarakat dunia karena jeruk mandarin memiliki rasa yang sangat manis dan memiliki manfaat yang sangat banyak kepada tubuh kita. 

Berikut adalah nutrisi yang terkandung didalam jeruk mandarin sesuai dengan penelitian yaitu:

• 47 kalori.

•12 gram karbohidrat.

• 0,7 gram protein.

• 0,3 gram lemak .

• 2 gram serat.

• vitamin C.

• Magnesium.

• Kalium.

• Tembaga.

• Zat Besi.

 jeruk mandarin juga sering disajikan pada saat perayaan imlek. orang china percaya bahwa jeruk mandarin adalah simbol pembawa keberuntungan bagi mereka yang memakannya .bukan hanya buah saja yang bisa membawa keberuntungan namun juga pohonnya, kebanyakan mereka yang memiliki bisnis selalu menanamkan pohon jeruk mandarin tersebut di depan toko ataupun diruang kerja mereka yang pastinya harus tersinar matahari. 

bagi masyarakat tionghoa menyajikan jeruk mandarin juga tidak bisa sembarangan karena jika anda menyajikannya dengan jumlah 4 buah, mereka percaya itu akan membawa anda keapada kematian karena masayarakat tionghoa mempercayai bahwa angka 4 adalah angka yang bisa membawa kita kepada kematian ,karena dalam bahasa tionghua 4 dan mati adalah kata yang sama hanya beda cara pengucapan saja. namun cara yang benar dan baik dalam menyajikan jeruk mandarin adalah kita harus menyajikannya dengan batang serta daunnya yang masih menggantung pada buah, yang katanya selain membawa keberuntungan juga dapat memberi umur serta kesehatan bagi penerima jeruk tersebut. 

kita akan membahas apakah jeruk mandarin dapat tumbuh di Indonesia, jawabannya bisa karena jeruk mandarin tumbuh di daerah tropis dan subtropis termasuk di Indonesia. anda dapat menanam pohon jeruk dengan mudah hanya memiliki syarat tertentu, 

1. tidak boleh terhalang apapun diatas pohon jeruk agar mendapat matahari penuh

2. pohon jeruk sebaiknya mendapatkan sinar matahari lebih dari 5 jam

3. lakukan penyiraman setiap pagi dan sore

4. berikan pupuk secara rutin sesuai jadwal yang tertera dalam kemasan pupuk tersebut. 

Namun jeruk mandarin dapat berbuah setelah 5 sampai 6 tahun penanaman, bukan waktu yang singkat namun anda dapat menggunakan cara lain yaitu cangkok. anda dapat melakukan cangkok pada tanaman pohon jeruk yang berusia lebih dari 5 tahun, bisa anda dapatkan melalui kerabat yang menanam pohon jeruk tersebut dan anda juga dapat membelinya kepada petani cangkok yang ada disekitar rumah anda.