Buah-buahan

Nikmati Sensasi Kelezatan 10 Durian Terbaik

Durian, siapa yang tak kenal buah ini? Sebut saja raja tropis, karena memang hampir semua orang jatuh cinta akan keunikan sang durian.

33

Durian, siapa yang tak kenal buah ini? Sebut saja raja tropis, karena memang hampir semua orang jatuh cinta akan keunikan sang durian. Baik keharumannya yang tajam menyengat, texture buahnya yang lembek berlemak, atau rasanya yang manis legit dipadu sedikit pahit.

Di Indonesia sendiri tumbuh ratusan varietas durian dengan rupa dan rasa khas daerah masing-masing. Mulai durian lokal legendaris yang sudah puluhan tahun jadi favorit, hingga durian impor eksotis kelas premium.

Penasaran varietas dan fakta seru apa saja seputar durian nusantara? Mau explore durian-durian eksotis dengan rasa tertinggi? 

Berikut adalah 10 jenis durian terenak yang dapat memanjakan selera Anda :

1. Durian Montong

Durian Montong merupakan raja segala durian yang telah mendunia hingga menjadi primadona para pecinta buah berduri di Asia Tenggara. Durian ini awalnya berasal dari Thailand bagian utara yang kemudian menyebar ke Indonesia seperti medan magnet karena cita rasanya yang istimewa.

Kelembutan tekstur daging buah kuning pucatnya yang seperti custard dipadu rasa manis legit dengan sentuhan pahit tipis, betul-betul memanjakan lidah siapa saja yang menikmatinya. Tak heran, Durian Montong selalu menjadi buruan favorit dan paling dicari oleh para maniak durian di kawasan ASEAN. Hanya dengan sekali lahap, siapapun akan dimabuk asmara oleh betapa nikmat dan lezatnya rasa Durian  satu ini.

2. Musang King

Durian Musang King adalah varietas durian premium asal Malaysia yang kini juga merajai pasar buah Indonesia. Phenomena King of Fruit alias Raja Buah ini disebut-sebut sebagai jenis durian termahal sedunia berkat rasanya yang fantastis dan kandungan nutrisi melimpah.

Daging buah berwarna kuning intens dengan tekstur sangat lembut dan creamy ini menyimpan cita rasa manis yang dipadu aroma almond dan keju yang syahdu. Betapa Musang King begitu dicintai oleh jutaan masyarakat Indonesia, bahkan mengalahkan durian lokal yang juga lezat. Harganya yang selangit tak menyurutkan permintaan akan Durian Mulia ini karena sensasi kelezatan tiada duanya saat menikmatinya.

3. Durian Blackthorn

Durian Blackthorn adalah durian eksotis asal Malaysia yang kini mulai merambah ke Indonesia berbekal keunikan tampilan fisik dan cita rasa istimewanya. Julukan Durian Duri Hitam muncul karena durinya yang pendek runcing berwarna hitam pekat kontras dengan kulit buah kecoklatan.

Dibelah, akan tampak daging tebal berwarna kuning krem pucat yang menggoda. Rasa manisnya sedikit berpadu dengan pahit tipis alami durian. Perpaduan sempurna aroma harum, tekstur lembut, dan rasa istimewa inilah yang menjadi daya pikat Durian Blackthorn. Tak salah bila buah eksotis ini kini mulai disukai banyak orang di Tanah Air.

4. Durian Bawor

Durian Bawor adalah raja durian lokal asal Indonesia bagian barat yang terkenal karena daya produktivitasnya yang eminent. Ketahanan pohonnya terhadap hama penyakit menghasilkan pertumbuhan cepat dan produktivitas tinggi setiap musim berbuah.

Daging buah berwarna krem kekuningan dengan tekstur kenyal ini menyimpan citarasa khas yaitu perpaduan rasa manis dengan pahit alami khas durian yang menyegarkan. Selain nikmat rasanya, durian bawor juga beraroma harum alami yang memabukkan. Tak heran produk unggulan Alam Sunda ini kini banyak diburu penikmat durian dari sabang hingga merauke.

5. Durian Red Prawn

Durian Red Prawn adalah spesies durian langka khas Thailand yang belakangan mulai meramaikan kancah perdurianan Indonesia. Julukan Durian Udang ini muncul karena aromanya yang khas menyerupai udang segar. Belum lagi warna daging buahnya yang merah oranye mencolok nan eksotis.

Teksturnya sangat lembut dan creamy, semakin memanjakan lidah saat dinikmati. Rasa manis khas durian berpadu fantastis dengan sedikit aroma udang yang unik, betul-betul memanjakan lidah. Kelezatan eksotis inilah yang menjadi daya tarik sensasional Durian Red Prawn asal Negeri Gajah Putih bagi penikmatnya di Indonesia.

6. Durian Petruk

Durian Petruk merupakan durian unggulan khas Jawa Tengah yang namanya diambil dari salah satu tokoh punakawan pada pewayangan. Buah yang dijuluki "Si Kuning Kenyal" ini memiliki daging tebal berwarna kuning pucat dengan tekstur kenyal khas.

Rasa manisnya sedikit berpadu dengan pahit alami khas durian. Wanginya yang kuat dan harum khas durian betul-betul memabukkan siapa saja yang mencium aromanya. Kelezatan eksotis inilah yang menjadikan Durian Petruk sebagai buah favorit pecinta durian lokal di Pulau Jawa.

7. Durian Ochee

Durian Ochee adalah durian khas Aceh yang namanya berasal dari bahasa setempat yang berarti "raja durian". Gelar tersebut memang bukan isapan jempol belaka, mengingat kualitasnya yang super premium dengan citarasa lezat khas Aceh.  

Daging buah berwarna kuning langsat dengan tekstur lembut nan kenyal ini menyimpan rasa manis berpadu sedikit rasa pahit alami. Wanginya harum menguar tanpa menyengat, betul-betul mencerminkan karakter masyarakat Aceh yang lembut dan santun. Tak heran durian mulia ini begitu dicintai dan diburu banyak pecinta kuliner Tanah Rencong.

8. Durian Bokor

Durian Bokor merupakan durian unggulan khas Jawa Timur yang sudah terkenal hingga ke seantero negeri. Durian beraroma harum ini memiliki tekstur lembut dengan warna daging kuning langsat khas durian lokal pada umumnya.

Rasanya manis kental khas durian dipadu sekelumit rasa pahit alami yang khas. Wanginya harum namun tidak menyengat sehingga menguar lembut, mencerminkan karakter masyarakat Jawa Timur yang ramah. Tak heran durian lezat ini tak hanya jadi kesukaan warga lokal tapi juga diminati oleh penikmat nusantara.

9. Durian Matahari

Durian Matahari merupakan durian unggulan asal Tatar Pasundan yang namanya konon berasal dari bentuk buahnya. Kulit buah berwarna hijau terang mengkilat bak sinar matahari di pagi hari. Dibukanya durian ini, maka akan tampak daging tebal berwarna kuning pucat dengan tekstur lembut.

Rasanya manis khas durian dipadu sedikit rasa pahit alami. Wangi harum durian menguar tanpa menyengat, mencerminkan kehalusan budi dan tutur masyarakat Sunda. Tak salah bila Durian Matahari tumbuh jadi favorit penikmat durian lokal di Bumi Parahyangan.

10. Durian Tembaga

Durian Tembaga merupakan durian khas Sumatera Selatan dengan ciri khasnya yang mudah dikenali yakni warna kulit buah berkilauan hijau bak tembaga bersih. Meski ukurannya relatif lebih kecil dibanding durian pada umumnya, namun rasanya sama sekali tak kalah nikmat.

Dagingnya tebal berwarna kuning cerah dengan tekstur lembut, menyimpan rasanya yang khas yakni perpaduan antara manis legit dengan pahit alami khas buah durian. Baunya harum tajam karena aromanya yang kuat khas durian. Keberadaan Durian Tembaga tak hanya jadi favorit warga lokal, namun juga sedang mendunia ke tanah air lainnya.

Penutup

Itulah ulasan mengenai 10 varietas durian terlezat dan terpopuler  yang wajib Anda coba. Mulai dari Durian Montong si Raja Durian, Musang King premium nan lezat, hingga durian lokal seperti Petruk, Ochee, dan Matahari.

Tiap jenis durian istimewa ini menawarkan sensasi rasa, tekstur, dan aroma khas tropis yang memabukkan lidah para penikmatnya. Tak hanya nikmat dilahap, menjelajah ragam durian juga ternyata menghadirkan petualangan seru dan pengalaman multisensoris tiada duanya.

Jadi buat Anda para maniak durian Nusantara, sudah saatnya berburu durian impian dan menikmati surga duniawi kelezatannya langsung dari pohonnya. Jangan lupa bagikan pengalaman serunya bersama keluarga dan teman-teman terdekat ya!