Buah-buahan

Jangan Di Buang Walaupun Bekas

Kebanyakan dari kita pasti berpendapat bahwa kalau sudah bekas untuk apa disimpan lagi ? Nah untuk yang satu ini jangan dibuang ya, banyak manfaat nya loh ternyata.

26

Kebanyakan dari kita pasti berpendapat bahwa kalau sudah bekas untuk apa disimpan lagi ? Nah untuk yang satu ini jangan dibuang ya, banyak manfaat nya loh ternyata.

Bagi yang suka memasak pasti sudah mengenal kelapa parut yang dimanfaatkan sari nya untuk membuat santan. Kali ini yang kita bahas bukan kelapanya, melainkan ampas dari kelapa tersebut. 

Siapa sangka bahwa ampas kelapa yang diparut ternyata memiiki banyak manfaat untuk kehidupan kita. Penduduk di Caribia dan Afrika ternyata banyak menggunakan kan ampas kelapa untuk pembersihan tubuh yang bermanfaat untuk detoktifikasi kulit. Selain itu masih banyak lagi manfaat ampas kelapa, yuk kita simak.

Ampas kelapa mengandung kadar protein dan lemak yg cukup tinggi sehingga ini juga berguna untuk nutrisi tambahan tanaman, kandungan  tersebut dapat membantu penyuburan untuk mempercepat tanaman berbunga dan berbuah. Cara pengaplikasian nya sangat mudah. Ampas kelapa tersebut hanya ditaburi saja ke pinggiran tanaman tersebut. Nah untuk menghindari pembusukan dari ampas kelapa tersebut, kita bisa tutupi lagi dengan tanah diatas ampas tersebut.

Rambut yang kusam dan mudah patah tentu sangat mengganggu penampilan bukan ? Jika anda mengalami masalah rambut kering dan ingin mencoba treatmen alami, tidak ada salahnya untuk menggunakan ampas kelapa. Meskipun sudah bekas, ampas kelapa masih mengandung minyak yang dapat diandalkan untuk melembabkan rambut. 

Caranya cukup hanya mengaplikasikan ampas kelapa seperti sedang keramas, lalu diamkan sekitar setengah jam, lalu bilas hingga bersih.

Bagaimana bisa ampas kelapa membuat lantai mengkilap ? Kenyataan nya ampas kelapa dapat membuat lantai terlihat bersih dan kinclong. Caranya adalah dengan mengepel lantai menggunakan ampas kelapa secara perlahan. Bila perlu tambahkan sedikit saja minyak goreng lalu aduk merata pada ampas kelapa tersebut. Maka debu yang membandel akan terangkat lewat ampas kelapa. Hal ini bisa di lihat dari warna ampas kelapa yang berubah menjadi putih kecoklatan.

Ampas kelapa juga dapat digunakan sebagai masker alami. Penggunaan masker ampas kelapa secara rutin dapat mengontrol minyak berlebih pada wajah. Dengan begitu kulit akan terlihat lebih sehat dan lembut. Caranya adalah cukup menggosok-gosokkan ampas kelapa pada wajah dalam waktu beberapa menit. Tetapi jangan terlalu keras ya, agar tidak terjadi iritasi. Setelah itu cukup bilas wajah dengan menggunakan air bersih.

Nah, itulah beberapa manfaat dari ampas kelapa. So jangan dibuang lagi ya kalau tidak mau rugi, Selamat mencoba.