Bertani

5 Ide Bisnis Kreatif Produk Olahan Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu bumbu yang sering kita jumpai dalam berbagai masakan.

33

Bawang merah adalah salah satu bumbu yang sering kita jumpai dalam berbagai masakan. Selain digunakan sebagai bumbu penambah rasa, bawang merah juga dapat dijadikan ide bisnis yang cukup menjanjikan. Ketika stok bawang merah melimpah dan takut jika busuk karena lama disimpan, mungkin dapat diolah sebagai bahan dasar membuat beberapa ide bisnis. Berikut 5 ide bisnis yang menggunakan bawang merah sebagai bahan utama:

1. Pickle Bawang Merah

Pickle atau acar bawang merah sangat cocok disajikan untuk pelengkap dalam sebuah makanan yang akan dihidangkan. Cara membuat acar bawang merah ini juga sangat mudah. Bahan yang digunakan untuk membuat acar ini membutuhkan bawang merah, cuka putih, air, gula putih, dan garam. Untuk cara membuatnya: pertama, iris tipis bawang merah kemudian masukkan dalam toples. Kemudian panaskan cuka, air, gula putih, dan garam dengan api sedang dan aduk hingga gula dan garam larut. Setelah larut diamkan sampai air campuran tersebut agak dingin kemudian tuangkan di atas irisan bawang. Tunggu dingin lalu masukkan ke dalam lemari es, bawang tersebut siap disantap saat warnanya merah muda.

2. Saus Bawang Merah Krim

Saus bawang merah krim ini dapat digunakan untuk mengasinkan ayam atau ikan, mengolesi sayuran, serta dapat digunakan sebagai saus untuk sayuran. Cara membuat saus ini adalah sebagai berikut: Pertama, siapkan mentega, minyak zaitun extra virgin, cuka anggur putih, bawang merah yang sudah dicincang, mustard Dijon, madu, garam, dan merica bubuk. Campurkan buttermilk, minyak, cuka, bawang merah, mustardz, madu, garam dan merica ke dalam toples dengan penutup yang rapat lalu kocok hingga tercampur sempurna. Dinginkan adonan tersebut selama seminggu, kemudian kocok sebelum digunakan.

3. Keripik Bawang Merah

Keripik bawang merah ini bisa dijadikan sebagai camilan sehari-hari, cara membuatnya juga sangat mudah dan hanya membutuhkan dua bahan. Pertama, kupas bawang merah kemudian cuci bersih dan potong bawang tersebut menjadi 4 bagian kemudian pisahkan lapisannya satu per-satu. Kedua, taburkan garam di atasnya dan ratakan. Masukkan bawang ke dalam air fryer dan masak dengan suhu 80 derajat selama dua jam, atau bisa digoreng menggunakan penggoreng biasa. Diamkan sejenak kemudian tuang di mangkuk. Keripik bawang sudah siap disajikan untuk camilan.

4. Minyak Bawang Merah

Minyak bawang merah ini selain digunakan untuk pelezat makanan juga memiliki manfaat lain, seperti dapat mengontrol rambut rontoh, memperlambat pertumbuhan uban, mengontrol ketombe, dan lain sebagainya. Cara membuatnya: pertama, haluskan bawang merah sampai halus menggunakan chopper atau ditumbuk. Masukkan bawang yang sudah halus tersebut ke dalam penggoreng dengan api mati, kemudian tambahkan minyak sampai tumbukan bawang tersebut terendam. Kedua, nyalakan api sampai mendidih kemudian aduk dna kecilkan api. Terakhir, masak sampai agak kecoklatan kemudian pindahkan ke dalam wadah.

5. Tepung Bawang Merah

Tepung bawang merah memiliki keunggulan, yaitu: mempunyai kandungan gizi yang baik sehingga cocok untuk pangan fungsional, mempunyai warna yang menarik (kemerahan) seperti bawang merah segar, serta mempunyai aroma yang mendekati dengan bau bawang merah yang segar. Cara membuatnya terdapat beberapa tahap, yaitu: Pertama, kupas bawang sebelum diiris, kemudian iris bawang kira-kira 3-6 mm. Kedua, rendam irisan bawang merah tersebut ke dalam larutan Na-bisulfit untuk mengawetkan dan menghambat perubahan warna juga untuk mencegah kerusakan dari serangga dan mikroorganisme pada bahan pangan yang dikeringkan. Ketiga, tambahkan tepung maizena. Jumlah yang dibutuhkan adalah 5-15% dari berat bawang. Keempat, keringkan dengan oven dengan suhu 37,8 – 60 derajat selama 7-48 jam. Tahap terakhir yaitu penggilingan, untuk memperkecil ukuran sehingga menjadi bentuk bubuk sesuai dengan yang diharapkan.

Follow Perkebunan Indonesia Di Google news