Bertani

Pepaya California 1 Pohon Hasilkan 1 Kwintal, Omset Sampai Puluhan Juta

Ada beberapa nama buah pepaya yang kita ketahui, diantaranya adalah pepaya red lady dan pepaya carisya.

17

Ada beberapa nama buah pepaya yang kita ketahui, diantaranya adalah pepaya red lady dan pepaya carisya. Nah pepaya yang akan kita bahas kali ini adalah Pepaya California. Dalam 1 pohon pepaya california ini bisa hasilkan sampai 1 kwintal lo,  hebat sekali bukan ?

Pepaya California ini bukan berasal dari california ya teman-teman, melainkan buah ini berasal dari Indonesia. Awalnya pepaya ini bernama pepaya callina, akan tetapi setelah buahnya dijual ke pasar, para pedagang lebih suka menyebutnya dengan buah pepaya california dengan tujuan seolah-olah buah ini di import dari california sehingga mudah laku.

Dilihat dari bentuknya, buah ini memiiki ciri khas tersendiri, yaitu lebih lonjong memanjang dari buah pepaya pada umumnya. Ukurannya juga lebih kecil, pepaya california memiliki berat sekitar 1-1,5 kg perbuahnya. Pohon ini bisa berbuah hingga mencapai umur empat tahun. Dalam 1 bulan bisa dipanen sampai empat kali. Sekali panen pohon ini bisa menghasilkan 2 hingga 3 buah, dan masa panennya bisa dilakukan di umur 7-9 bulan. 

Buah pepaya california yang siap panen adalah buah yang sudah matang dengan tanda ada warna semburat kuning pada kulit bawahnya.

Keunggulan dari buah pepaya ini teman-teman, buahnya mudah tumbuh dan resiko kegagalan budidaya nya relatif kecil dibanding menanam buah lainnya. Karena pada dasarnya jenis pepaya ini sangat mudah tumbuh di negara yang beriklim tropis seperti layaknya Indonesia.

Banyak petani-petani yang membudidayakan buah ini menghasilkan omset 50-100 juta rupiah di Jabodetabek. Bahkan jika permintaan sedang tinggi dan pasokan ada, omsetnya  bisa menyentuh angka 300 juta rupiah perbulan.  

Hal ini dikarenakan buah pepaya california ini rasanya manis, dagingnya tebal dan lembut, tidak benyek dan tidak mengeluarkan aroma pepaya yang khas. Sehingga banyak disukai dan sampai merajai pasar buah. 

Nah, bagaimana teman-teman ? Tergiur untuk membudidayakan pepaya california? Komen dibawah ya.