Bertani

Cara Menanam Kacang Hijau Dengan Kapas

Perkebunan.

25

Perkebunan.org - Kacang hijau merupakan jenis tanaman yang mudah dibudidayakan meski dalam lahan yang sempit. Dengan memanfaatkan media tanam berupa kapas bekas, kita tetap dapat menanam kacang hijau di rumah meski memiliki halaman yang terbatas.

Cara menanam kacang hijau di kapas pun cukup mudah. Siapa saja bisa mencobanya tanpa memiliki background atau pengetahuan khusus di bidang berkebun sebelumnya. Yang penting adalah memperhatikan syarat tumbuh yang ideal bagi kacang hijau agar bisa tumbuh dengan baik.

Tak perlu khawatir perihal lahan, pakai saja tempat-tempat kecil seperti pot tanaman atau gelas plastik bekas untuk menanam kacang hijau Anda. Untuk selanjutnya Anda hanya perlu memberikan perawatan rutin berupa penyiraman agar kecambah tetap tumbuh optimal.

Yuk, simak cara menanam kacang hijau di kapas yang mudah ini sampai tuntas!

Syarat Tumbuh

Sebelum benar-benar memulai menanam kacang hijau di kapas, ada beberapa syarat yang harus diperhatikan agar kacang hijau bisa tumbuh dengan baik, yaitu:

1. Simpan Media Tanam Di suhu yang ideal

Pertama, Pertumbuhan kacang hijau memerlukan suhu lingkungan yang ideal, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Oleh karena itu, pastikan untuk menyimpan media tanam berisi kacang hijau pada ruangan dengan suhu sekitar 25 derajat Celcius agar pertumbuhannya maksimal.

Suhu di bawah 20 derajat Celcius atau di atas 30 derajat Celcius dapat menghambat metabolisme dan proses fotosintesis kacang hijau. Akibatnya, tanaman akan tumbuh kerdil, daun menguning, bahkan dapat mengalami kematian jika suhu terlalu ekstrim.

Sebaliknya, pada kisaran suhu Nyaman tanaman sekitar 25 derajat Celcius, enzim dalam tubuh tanaman bekerja optimal merombak nutrisi untuk pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman. Hasilnya, tanaman kacang hijau tumbuh lebat dengan daun hijau segar serta mampu berkembang biak dengan baik.

Jadi, atur suhu sekitar media tanam agar selalu berkisar nyaman di 25 derajat Celcius untuk mendukung masa pertumbuhan kacang hijau yang maksimal. Lakukan pemantauan rutin tiap hari menggunakan thermometer ruangan.

2. Hindari Dari Polusi

Selain suhu, kebersihan udara di sekitar media tanam juga turut menentukan tingkat keberhasilan pertumbuhan kacang hijau. Hindari meletakkan kacang hijau di area yang terkena polusi udara, terutama asap kendaraan bermotor.

Asap kendaraan mengandung karbon monoksida, nitrogen oksida, dan sulfur dioksida yang sangat berbahaya bagi tanaman. Paparan zat ini dapat merusak jaringan daun, menghambat fotosintesis, respirasi, serta menurunkan ketahanan tanaman secara drastis.

Oleh sebab itu, pilihlah lokasi indoor atau outdoor yang bersih, jauh dari jalan raya, pabrik, atau sumber polutan lainnya. Udara yang segar dengan tingkat polusi rendah sangat mendukung kacang hijau berkembang. Sirkulasi udara yang baik tanpa gas beracun adalah kunci keberhasilan budidaya.

Jadi perhatikan dengan seksama kondisi sekitar calon lokasi media tanam sebelum menempatkan kacang hijau. Keputusan tepat tentang lokasi penanaman ini penting demi hasil panen kacang hijau yang maksimal.

3. Ruangan Memiliki Siirkulasi udara yang baik.

Selanjutnya, dalam menyimpan media tanam kacang hijau, pastikan ruangan tersebut terhindar dari terik matahari langsung yang dapat menyebabkan tanaman kepanasan. Namun disisi lain, lokasi juga tidak boleh terlalu gelap gulita tanpa paparan sinar matahari sama sekali.

Kacang hijau membutuhkan sinar matahari dalam intensitas sedang agar proses fotosintesis dapat berlangsung sempurna. Sinar matahari langsung diperlukan setidaknya selama 5 jam per hari. Sementara di saat intensitas cahaya tinggi, tanaman perlu dipindahkan ke area teduh.

Oleh karena itu, pilihlah lokasi indoor dekat jendela yang dapat mengatur intensitas sinar matahari. Atau bila diluar ruangan, tempatkan di bawah naungan tambahan agar terhindar terik langsung. Pastikan sirkulasi udara juga tetap berlangsung lancar.

Dengan kondisi pencahayaan yang ideal ini, kacang hijau dapat berfotosintesis dan tumbuh secara maksimal dalam media tanamnya. Dengan mengikuti syarat ini, kacang hijau Anda akan tumbuh dengan sehat dan optimal dalam waktu 7 hari.

Alat Dan bahan

Berikut adalah daftar alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat media tanam kacang hijau dari kapas:

  • Gunting
  • Kapas (khusus tanaman hidroponik atau kapas biasa)
  • Air bersih
  • Gelas plastik bekas (dipotong bagian bawahnya)

Pembuatan Media Tanam

Dalam membuat media tanam kacang hijau dari kapas, bahan utama yang diperlukan tentu saja kapas. Gunakan jenis kapas khusus untuk penanaman tanaman hidroponik atau kapas biasa. Sebaiknya hindari menggunakan kapas untuk keperluan kecantikan karena nutrisi pada kapas jenis ini kurang maksimal untuk pertumbuhan tanaman.

Bahan-bahan lain yang diperlukan antara lain gunting, air bersih secukupnya, serta gelas plastik bekas sebagai wadah penanaman. Siapkan gelas plastik bersih yang telah dipotong bagian dasarnya sehingga drainase berfungsi dengan baik. Ukuran gelas sesuaikan dengan jumlah bibit kacang hijau.

Potong kapas sesuai diameter mulut gelas agar muat dan padat di dalamnya. Basahi kapas dengan merendam menggunakan air bersih beberapa saat agar daya serap airnya maksimal. Setelah itu masukkan ke dalam gelas, tata rapi, padatkan hingga siap ditanami benih kacang hijau di atasnya. Kapas sudah siap menjadi media tanam.

Menyiapkan Benih

Tahap selanjutnya setelah media tanam siap adalah menyiapkan benih kacang hijau. Perhatikan kualitas benih dengan cara merendamnya terlebih dulu di dalam air. Pilih benih yang tidak mengapung agar dipastikan viabilitas dan kualitasnya baik.

Setelah dipilah, rendam benih pilihan tersebut selama 24 jam agar proses perkecambahan dimulai. Selama perendaman, ganti air rendaman sebanyak 4-5 kali supaya zat penghalang tumbuh pada kulit biji larut.

Setelah direndam 24 jam, angkat dan tiriskan benih hingga tidak ada sisa air menetes. Biarkan hingga kering udara agar siap ditanam di atas permukaan kapas di media tanam yang sudah disiapkan sebelumnya. Pastikan benih telah melalui proses perendaman dan pengeringan yang tepat agar daya kecambah maksimal saat ditanam nanti.

Cara Menanam

Setelah media tanam kapas dan benih siap, kini saatnya masuk ke tahap menanam benih kacang hijau. Langkah pertama, basahi permukaan kapas di dalam gelas dengan air hangat suam kuku agar kondisi media tanam lembap dan hangat mendukung perkecambahan.

Kemudian taburkan benih kacang hijau secara merata di seluruh permukaan kapas. Usahakan posisi benih rata dengan kapas dan saling berdekatan namun tidak terlalu rapat atau menumpuk. Tutup kembali mulut gelas dengan kain tipis agar kelembapan terjaga.

Letakkan media tanam pada lokasi penyimpanan yang ideal, yaitu area teduh di pagi hari agar masih mendapat paparan sinar matahari yang cukup. Lalu siang hari dipindahkan ke tempat yang lebih teduh atau minim cahaya matahari. Atur suhu ruangan juga agar tetap sekitar 25 derajat Celcius.

Cara Merawat

Setelah benih kacang hijau selesai ditanam pada media kapas di dalam gelas, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah merawat tanaman agar dapat tumbuh dengan baik. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan meliputi penyiraman teratur, pemeriksaan rutin media tanam, hingga waktu panen yang tepat.

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara merawat media tanam kacang hijau agar dapat tumbuh optimal sehingga menghasilkan kecambah yang berkualitas:

1. Lakukan penyiraman media tanam sebanyak 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore hari, untuk menjaga kelembapan media tetap optimal. Kurangi frekuensi penyiraman jika kondisi kapas masih cukup lembap.  

2. Periksa kondisi media tanam setiap hari. Pastikan posisi benih kacang hijau tidak bergeser atau menumpuk tidak rata. Ratakan kembali benih jika diperlukan agar pertumbuhan seragam.

3. Buka penutup kain pada mulut gelas saat benih mulai berkecambah agar sirkulasi udara dan cahaya matahari yang masuk cukup untuk proses fotosintesis. Tutup kain kembali di malam hari.  

4. Panen kecambah kacang hijau setelah 7 hari masa tanam dengan memotong pangkal batang menggunakan gunting agar tidak merusak perakaran. Kecambah siap disajikan atau diolah lebih lanjut.

Kesimpulan

Cara menanam kacang hijau di rumah dengan memanfaatkan media tanam kapas ternyata cukup mudah untuk dilakukan. Tidak diperlukan lahan yang luas, cukup gunakan pot atau gelas plastik bekas untuk menanam. Kapas sebagai pengganti tanah juga mudah didapat dengan harga terjangkau.

Yang perlu diperhatikan adalah pemenuhan syarat tumbuh yang ideal bagi kacang hijau, seperti suhu ruangan sekitar 25 derajat Celcius, bebas dari polusi, serta adanya sirkulasi udara dan pencahayaan yang cukup. Juga jangan lupa lakukan perawatan berkala.

Dengan budidaya yang tepat, setelah sekitar 7 hari kita sudah bisa menikmati kecambah kacang hijau segar yang siap dikonsumsi sebagai sayuran yang kaya nutrisi. Sungguh efisien dan menyenangkan!