Jangan Kaget Dengan Hasilnya, Garam Inggris Mempunyai Manfaat Yang Luar Biasa Untuk Tanaman

Diterbitkan 22 Apr 00116

Ketika memasak tentunya kita tidak akan terlepas dari garam yang memberi rasa asin pada makanan kita, jika tidak ada garam masakan kita tidak akan ada nilai apapun ketika masuk kedalam mulut. Garam yang kita bahas kali ini bukanlah garam dapur yang selalu kita konsumsi ya teman-teman, melainkan garam inggris.

Garam inggris merupakan senyawa magnesium sulfat yang berbentuk kristal yang dapat larut di air tetapi tidak larut dalam etanol. Meskipun disebut dengan garam karna bentuknya yang mirip dengan garam meja tetapi garam inggris bukanlah garam yang digunakan sebagi penyedap masakan karna mengandung magnesium dan sulfur yang memiiki rasa pahit. 

Jika pun ingin mengonsumsinya teman-teman harus melarutkannya terlebih dahulu dengan menggunakan banyak air, garam ini biasa digunakan untuk kecantikan dan kesehatan seperti anti inflamasi para atlit untuk meredakan nyeri otot. 

Unsur hara yang dibutuhkan tanaman terbagi menjadi dua golongan yaitu unsur hara makro primer adalah unsur hara yang dibutuhkan tanaman dalam jumlah besar yaitu nitrogen Phospor dan juga kalium, dan unsur hara yang kedua adalah  unsur hara makro sekunder yaitu unsur hara yang dibutuhkan dalam jumlah yang sedang seperti kalsium, magnesium, dan juga sulfur.

Pupuk dari garam inggris yang dikenal dengan epsom salt adalah pupuk mag-s, kelebihan dari pupuk ini adalah memiliki unsur hara sebanyak 16 persen dan unsur hara sulfur 13 persen. 

Setiap hari tanaman akan melakukan proses fotosintesis yang menghasilkan makanan untuk tanaman itu sendiri, fotosintesis merupakan perubahan gas dioksida dan air menjadi glukosa dan oksigen. 

Proses fotosintesis ini sangat dipengaruhi oleh klorofil yang merupakan pembentuk warna hijau pada tanaman, semakin baik klorofil tanaman maka energi yang dihasilkan pun akan semakin baik tetapi jika klorofilnya tidak baik maka energi yang dihasilkan pun tidak akan maksimal. 

Unsur hara yang menjadi pendorong terbentuknya klorofil ini adalah magnesium, dan gejala tanaman yang kekurangan unsur hara magnesium maka daunnya akan menguning dan tulang daunnya akan tetap menghijau.

Kemudian kelebihan dari pupuk ini adalah memiliki unsur hara sulfur yang berperan dalam pembentukan asam amino dan juga sebagai protein bagi tanaman. Sulfur membantu dalam memaksimalkan pemanfaatan unsur nitrogen, membantu pertumbuhan anakan dan tunas, merangsang pertumbuhan bintil akar tanaman, berperan dalam pembentukan klorofil, memaksimalkan kualitas dari tanaman sayuran daneningkatkan kekebalan tanaman terhadap resiko serangan penyakit. 

Gejala tanaman ketika mengalami kekurangan unsur hara sulfur adalah tanaman akan menguning dan mirip seperti kekurangan unsur hara nitrogen. Pengaplikasian yang tepat untuk pupuk garam inggris atau mag-s ini adalah ketika tanaman dalam masa vegetatif dan kurang direkomendasikan pengaplikasian nya pada masa generatif. Teman-teman cukup mengaplikasikannya pada tanaman beberapa kali saja pada masa vegetatif tanaman.

Pupuk mag-s ini memiliki fisik seperti kristal berwarna putih dan 100 persenbisa larut dalam air, maka dari itu pengaplikasiannya bisa dengan metode semprot atau kocor. Memberi pupuk dengan cara ditabur juga boleh-boleh saja tetapi dikhawatirkan jika teman-teman melakukan penaburan pupuk pada pagi hari kemudian disiang harinya terjadi hujan maka pupuk tersebut akan larut dalam air genangan hujan tersebut dan akan hilang bersamaan dengan mengalirnya air genangan tersebut, jadi sia-sia saja kan kita berikan pupuknya.

Untuk pengaplikasian dengan metode semprot teman-teman bisa menggunakan pupuk mag-s ini sekitar dua sampai empat gram per liter air dan lakukan penyemprotan pada atas dan bawah tanaman di pagi hari. jika teman-teman mencampur dengan pupuk organik cair pun boleh-boleh saja apalagi pupuk cair bakteri fotosintesis tentu akan sangat bagus dikarenakan bakteri fotosintesis ini dapat membantu tanaman dalam proses fotosintesis.

Buat teman-teman yang belum tahu cara membuat bakteri fotosintesisi ini, mari kita praktikkan bersama-sama.

Pertama sekali teman-teman harus menyiapkan beberapa bahannya yaitu :

  1. Dua butir telur
  2. Penyedap rasa 2 sendok
  3. Saos ikan 4 sendok
  4. Botol air kemasan bekas sebesar 1500 ml 
  5. Air bersih secukupnya
  6. Wadah dan pengaduk untuk campuran bahannya

Peratama sekali kita masukkan ke dalam wadah 2 butir telur, 2 sendok penyedap rasa dan saos ikan tadi lalu aduk merata, kemudian masukkan 3 sendok makan campuran tersebut ke dalam botol bekas air kemasan yang sudah kita siapkan tadi kemudian isi dengan air bersih dan jangan sampai penuh.

Jika telah selesai kemudian tutup botol dengan rapat dan kocok hingga air nya menjadi keruh kemudian jemur botol yang berisi campuran tadi dibawah sinar matahari langsung selama 8 jam perhari selama 15-30 hari. Jika air di dalam botol air kemasan itu berwarna merah berarti airnya sudah siap untuk digunakan. 

Dosis yang digunakan adalah sekitar 15-30 ml dan dicampur dengan 2 liter air bersih dengan cara disemprot pada bagian atas dan bawah daun tanaman, campuran ini bisa digunakan pada semua tanaman selama tanaman tersebut memiliki zat hijau daun.

Nah itu dia manfaat dari garam inggris untuk tanaman kita, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semua pembacanya ya. Sampai disini dulu perjumpaan kita dan sampai jumpa kembali pada artikel berikutnya. 

0

Share on

Buletin.

Jangan lewatkan artikel apa pun, berlangganan buletin dan Anda akan diberi tahu saat artikel baru diterbitkan