Bertani

Jenis Tanaman Pertanian yang Menjanjikan dan Mudah Ditanam

Ada banyak jenis tanaman pertanian yang sangat menguntungkan dan mudah ditanam.

14

Ada banyak jenis tanaman pertanian yang sangat menguntungkan dan mudah ditanam. Bagi para petani, lahan yang dibiarkan kosong pasti akan membuat panik, karena semua petani tahu bahwa ladang yang kosong sebaiknya dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menanam sesuatu.

Tapi bagi petani yang masih pemula, pasti pernah bingung harus menanam apa di ladangnya yang dapat memberikan banyak penghasilan namun cara menanamnya mudah. Sebenarnya ada banyak jenis tanaman yang sangat mudah perawatannya, namun tidak semua berharga tinggi.

Agar dapat menemukan jenis tanaman pertanian terbaik, mudah ditanam dan menguntungkan, sebaiknya Anda mencari informasi dulu tentang hasil tani apa saja yang paling banyak diminati oleh masyarakat. Misalnya untuk masyarakat Indonesia, biasanya cabai banyak dibutuhkan.

Hal ini karena masyarakat Indonesia mayoritas menyukai cita rasa pedas pada makanannya. Jika Anda belum banyak tahu tentang berbagai macam hasil tani yang menjanjikan, sebaiknya pahami informasi tentang beberapa jenis tanaman berikut ini.

Jenis Tanaman Pertanian yang Menjanjikan

Pertanian adalah sektor yang sangat penting di setiap negara, karena tanpa adanya pertanian, manusia di bumi ini tidak bisa mendapatkan makanan dengan nutrisi yang sesuai kebutuhan tubuh. 

Oleh karena itu memiliki ladang tani sebenarnya sangat menguntungkan, karena bisa menjadi ladang pencaharian yang sangat menjanjikan. Jika Anda juga memiliki ladang pertanian, coba tanam beberapa jenis tanaman paling menjanjikan berikut ini.

Cabai

Cabai atau lombok adalah jenis tanaman pertanian cukup menjanjikan. Cabai dibagi menjadi 2 jenis, yaitu cabai kecil dan cabai besar. Keduanya sama - sama sering dibutuhkan dalam proses memasak, yaitu untuk menambah rasa pedas atau merubah warna makanan menjadi merah.

Di Indonesia, cabai banyak sekali digunakan karena dapat menimbulkan rasa pedas nikmat. Oleh karena itu, cabai bisa menjadi produk menjanjikan. Selain itu, cabai biasanya memiliki harga mahal, terutama saat musim hujan di Indonesia.

Cara menanamnya mudah namun harus tetap hati - hati. Anda bisa menanam cabai di musim apa saja, namun lebih baik di musim kemarau meskipun tetap membutuhkan air cukup. Jika di musim hujan, sebaiknya berikan penutup untuk cabai agar tanamannya tidak mudah busuk.

Tomat 

Tomat juga bisa dijadikan jenis tanaman pertanian paling menjanjikan, karena tomat cukup mudah penanamannya dan berharga lumayan mahal. Meskipun tidak semahal cabai, namun tomat sangat disukai oleh masyarakat Indonesia, baik sebagai campuran masakan atau buah.

Tomat memiliki rasa segar dan enak, bahkan sering menjadi bahan campuran sambal. Jika Anda ingin menanamnya, tidak perlu terlalu memperhatikan musim karena tomat bisa bertahan di musim apa saja. Asalkan Anda melakukan antisipasi agar buahnya tidak busuk atau kering.

Misalnya ketika di musim kemarau, sebaiknya tanam tomat di tempat agak teduh agar buahnya tidak kering. Ketika musim hujan, sebaiknya tutupi bagian buah agar air hujan tidak mudah membuatnya busuk. Hal ini karena jika tomat kering atau busuk pasti tidak bisa dipanen.

Jeruk 

Jika ingin mengganti jenis tanaman pertanian dengan buah, sebaiknya tanam jeruk. Cara menanamnya mudah, karena hanya perlu meletakkan bibit di dalam tanah, lalu rajin disiram saja sampai tumbuh sendiri. Jeruk terkadang membutuhkan pupuk dan terkadang tidak.

Ada banyak jenis jeruk yang bisa Anda tanam, misalnya jeruk purut, jeruk buah dan masih banyak lagi. Jeruk bisa dijadikan santapan buah, dijadikan minuman jus, dijadikan bahan masakan dan masih banyak lagi.

Jeruk harganya juga cukup mahal, sehingga hal ini akan sangat menguntungkan petani. Apalagi jika jeruknya memiliki kualitas bagus, pasti harganya akan semakin naik. Selain buahnya, daun dari pohon jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk bahan masakan, yaitu daun jeruk purut.

Jagung

Coba juga menanam jagung dengan potensi kegagalan sangat rendah. Harga jagung sebenarnya sangat murah, namun jika Anda bisa menjual dalam jumlah banyak, pasti akan tetap untung. Apalagi jenis tanaman pertanian ini sangat disukai oleh banyak masyarakat Indonesia.

Hal ini karena jagung bisa dimasak menjadi apa saja, bisa dijadikan dadar jagung, dibakar, dijadikan campuran sop bening, dan masih banyak lagi. Bahkan sekedar direbus saja sudah terasa sangat enak disantap.

Cara menanam jagung tidak sesulit padi dan bisa ditanam saat musim kemarau. Perawatannya juga tidak sulit, karena umumnya jagung hanya dibiarkan saja sampai tumbuh tinggi sendiri. 1 pohon jagung bisa mengandung lebih dari 1 jagung.

Bayam

Jika ingin menanam sayuran, coba tanam bayam di ladang Anda. Bayam adalah salah satu jenis tanaman pertanian menjanjikan karena banyak peminatnya. Selain bisa dijadikan sayur bening, bayam juga bisa dijadikan tumisan atau bahan campuran camilan sehat.

Harga bayam tidak begitu tinggi, namun karena perawatannya sangat mudah, jadi bayam bisa tumbuh sangat banyak di ladang. Bahkan bayam terkadang bisa tumbuh sendiri meskipun tidak ditanami bibit. Selain itu, bayam juga tidak perlu banyak disiram atau diberi pupuk.

Namun jika ingin bayam berkualitas, coba beli bibit bayam terlebih dulu kemudian tanam rapi di ladang. Kemudian beri air secara rutin namun jangan terlalu banyak. Biarkan bayam tumbuh besar, kemudian panen.

Kangkung

Selain bayam, kangkung juga merupakan jenis tanaman pertanian menjanjikan karena peminatnya cukup banyak. Kangkung sering dijadikan bahan masakan sayur tumis, sayur bening dan bahkan sayur asam, karena rasanya sangat enak.

Kangkung biasanya bisa tumbuh sendiri di ladang pertanian jika Anda menanam padi, karena kangkung bisa tumbuh sendiri jika airnya cukup banyak. Namun jika ingin kangkung lebih berkualitas, Anda bisa membeli bibit kangkung dulu kemudian menanamnya di ladang.

Setelah memanen kangkung, sayuran ini bisa langsung dijual di pasar atau tempat lain. Kangkung sangat menjanjikan karena harganya lumayan tinggi di pasaran. Sehingga petani bisa saja untung jika menjualnya sendiri di pasar.

Kacang panjang

Anda juga bisa mencoba menanam kacang panjang di lahan tani, namun kacang panjang ini membutuhkan media lain untuk pertumbuhannya. Hal ini karena kacang panjang tidak bisa ditanam langsung di tanah, masih membutuhkan media seperti paralon atau kawat.

Kacang panjang sebenarnya merupakan jenis tanaman pertanian menggantung. Jadi pastikan Anda menyiapkan media - media untuk menanam kacang panjang terlebih dulu, baru mulai menanam bibitnya.

Kacang panjang memiliki harga naik turun di pasaran, namun lebih sering tinggi sehingga dapat menguntungkan para petani. Apalagi kacang panjang juga sangat banyak peminatnya di Indonesia, karena dapat dijadikan sayur lalapan, sayur bening, sayur tumis dan sayur asam.

Timun

Timun juga sangat menjanjikan dan mudah perawatannya. Timun bisa dibiarkan tumbuh tanpa banyak perawatan. Namun sebaiknya tanam timun di musim hujan karena lebih tahan dari air hujan. Timun juga memiliki rasa enak dan sering dijadikan masyarakat Indonesia untuk lalapan.

Harga jenis tanaman pertanian ini tidak terlalu mahal, namun dalam sekali panen, biasanya petani bisa langsung mendapatkan banyak timun untuk dijual.

Bawang 

Tanaman bawang juga sangat menjanjikan karena pasti dibutuhkan saat memasak. Baik bawang merah, bawang putih atau bawang Bombay, semuanya memiliki harga cukup mahal, sehingga menguntungkan petani.

Namun Anda harus berhati - hati dalam menanam bawang saat musim hujan. Sebaiknya tanam bawang di musim kemarau saja.

Lidah buaya

Anda juga bisa menanam lidah buaya, karena tumbuhan ini sangat dibutuhkan dalam proses pembuatan produk kecantikan.

Dengan mencoba menanam tumbuhan berbeda - beda tersebut di setiap periode, mungkin Anda dapat menjadi petani sejahtera. Coba mulai tanam beberapa jenis tanaman pertanian tersebut untuk mendapatkan penghasilan menjanjikan.