Bertani

Rahasia Tanaman Tumbuh Subur Nyaris Tanpa Biaya

Tidak jarang para petani bingung dalam memilih jenis pupuk yang digunakan untuk penyubur tanaman, belum lagi dilema karna harganya yang mahal.

31

Tidak jarang para petani bingung dalam memilih jenis pupuk yang digunakan untuk penyubur tanaman, belum lagi dilema karna harganya yang mahal. Pupuk memang sangat penting digunakan dalam bertani agak membuat tanah dan tanaman tumbuh subur seperti yang kita inginkan. Namun apakah teman-teman tahu ada pupuk yang bisa kita gunakan tanpa mengeluarkan biaya ? nah mari kita simak.

Apakah teman-teman pernah mengenal biochar ? Biochar merupakan bahan padatan yang kaya akan zat karbon yang diproses dari pembakaran tidak sempurna limbah-imbah organik, contohnya adalah arang sekam. Selama ini sekam yang merupakan limbah atau hasil proses dari penggilingan padi terbuang begitu saja, justru dibakar sampai menjadi abu. Padahal arang sekam ini dapat menyuburkan tanah pertanian kita tanpa mengeluarkan biaya sama sekali.

Ada beberapa kandungan yang berada dalam arang ini, diantaranya:

  1. Nitrogen sebesar 0,32 persen
  2. Fosfor sebesar 0,15 persen
  3. Kalium sebesar 0,31 persen
  4. Silikon Dioksida sebesar 52 persen
  5. Karbon aktif 31 persen

Bagaimana teman-teman ? Banyak sekakli kan kandungan yang terdapat dalam arang sekam ini, dan tentunya bagus untuk tanaman kita, pasti teman-teman penasaran kan apa saja manfaat yang terkandung pada arang sekam ini, manfaatnya antara lain :

  1. Dapat Memperkuat Tanaman
    Selain dapat memperkuat tanaman, arang sekam juga dapat meningkatkan enzim yang terlibat pada fotosintesis, memperbaiki sifat fisik tanah, dan dapat membuat tanaman lebih tahan terhadap resiko penyakit.
  2. Meningkatkan Sirkulasi Udara
    Arang sekam memiliki berat 0,2 kilogram perliternya sehingga dapat meningkatkan sirkulasi udara dan meningkatkan forositas tanah. 
  3. Mempertahankan Unsur Hara
    Arang sekam dapat membantu agar unsur hara tidak mudah terbawa oleh air, dan dapat menyediakan unsur hara dalam waktu yang panjang.
  4. Membuat Akar Tanaman Berkembang Maksimal
    Hal ini dikarenakan arang sekam apat mencegah kepadatan tanah dan meningkatkan kegemburan tanah sehingga akar tanaman dapat dengan mudah menembus bagian tanah untuk mencari sumber makanan dan air. 
  5. Menghemat Pupuk
    Arang sekam dapat menghemat pupuk sebanyak 30 persen.
  6. Sulit Terdekomposisi
    Artinya dapat bertahan dalam waktu yg sangat lama dan membuat tanah subur secara permanen.
  7. Menyimpan Banyak Air
    Arang sekam dapat menetralisir kadar air dalam tanah sehingga air tidak akan cepat kering ketika kemarau dan tidak akan lembab ketika musim hujan.
  8. Mampu Menyerap Gas Dan Zat Beracun
    Selain mengatur kelembaban udara, arang sekam juga mampu menyerap bau, termasuk gas dan zat beracun yang ada di udara.
  9. Tanaman Tidak Mudah Lapuk
    Arang sekam dapat membuat tanaman tidak mudah lapuk, sehingga aman dari gangguan jamur dan hewan yang merugikan.

Memang banyak sekali kelebihannya, dan untung saja kekurangannya tidak sebanyak yang kita fikir, berikut adalah beberapa kekurangan dari arang ini :

  1. Jarang sekali dijumpai di pasaran.
  2. Mudah memadat sehingga membatasi pergerakan akar tanaman.

Setelah mengetahui manfaatnya, apakah teman-teman tergiur untuk membuatnya ? Berikut saya akan sajikan cara-cara membuat arang sekam tanpa menggunakan cerobong asap, kita siapkan dulu alat dan bahan nya ya.

  1. Arang sekam padi sesuai kebutuhan
  2. Kulit kelapa
  3. Air secukupnya

Setelah alat dan bahan sudah terkumpul kemudian kita lakukan proses pembuatannya.

  1. Tumpukkan sekam padi dan buat lobang di tengah-tengah tumpukannya
  2. Letakkan kulit kelapa tersebut di lobang sekam padi tadi
  3. Bakar kulit kelapa sampai menghasilkan api
  4. Timbun sedikit demi sedikit api tersebut dengan sekam padinya hingga apinya tertimbun dan pastikan api tidak mati
  5. Setelah tertimbun pastinya akan keluar asap dari atas tumpukan padi 
  6. Lakukan pembalikan, jika tidak dibalik dikhawatirkan padi tersebut akan menjadi abu
  7. jika sudah timbul warna hitam pada padi yang berada ditengah, keluarkan kulit kelapa yang berada di tumpukan nya dan kemudian isi dengan padi yang belum terbakar dan pastikan api tidak mati dan lakukan pembalikan.
  8. Bila semua sudah berwarna hitam itu artinya sudah jadi, dan siram sampai api padam, jika sudah padam arang sekam nya bisa disimpan dan digunakan.

Mudah sekali kan teman-teman cara membuatnya, setelah arang nya jadi, barulah kita aplikasikan pada tanaman dengan cara:

  1. Arang sekam ditaburkan pada media tanam yang sudah di cangkul dengan ketebalan lebih kurang 2cm
  2. Taburkan benih pada arang sekam tersebut
  3. taburkan lagi arang sekam dengan ketebalan 0,5-1cm
  4. siram arang sekam dengan menggunakan sprayer agar arang sekamnya lembab

Nah itulah beberapa penjelasan tentang penyuburan tanaman dengan menggunakan arang sekam, semoga dengan adanya artikel ini, dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang membaca. Sampai ketemu di artikel selanjutnya, bye bye.