Kebun

12 Jenis Tanaman Hias Bisa Ditanam Didalam Rumah Secara Hidroponik

Menjadikan rumah terasa lebih asri dan segar tentu menjadi impian banyak orang.

46

Menjadikan rumah terasa lebih asri dan segar tentu menjadi impian banyak orang. Selain mengatur tata letak ruangan secara apik, menghiasinya dengan tanaman hias ternyata juga bisa membuat rumah terlihat lebih hidup.

Nah, salah satu cara mudah untuk menanam tanaman hias di rumah adalah dengan teknik hidroponik. Tidak perlu media tanah, cukup dengan air dan nutrisi, tanaman bisa tumbuh subur hanya dalam waktu singkat.

Dua jenis tanaman hias hidroponik yang cocok untuk ditanam di rumah indoor adalah Bambu Rejeki dan Lumut Spanyol. Keduanya cukup mudah perawatannya dan bisa menambah keindahan interior rumah.

Bambu Rejeki memiliki tekstur keras dan unik, sangat pas dijadikan tanaman hias minimalis modern. Sementara Lumut Spanyol yang berdaun putih kehijauan terlihat alami dan memberi kesan tembok hijau yang artistik.

Penasaran ingin menanam keduanya? Yuk simak informasi lengkap cara menanam dan merawatnya pada artikel ini!

Bambu Rejeki 

Bambu Rejeki sebenarnya bukanlah tanaman bambu, melainkan berasal dari genus Dracena. Tanaman ini dikenal memiliki batang yang keras dan tekstur unik layaknya bambu. Oleh karena itu kemudian dinamai "Bambu Rejeki".

Keunikan Bambu Rejeki membuatnya sering dijadikan sebagai tanaman hias ruangan yang cocok untuk gaya minimalis modern. Selain itu, tanaman yang satu ini juga mudah perawatannya.

Bambu Rejeki dapat tumbuh dengan subur baik menggunakan media tanah ataupun hanya dengan air saja. Oleh karena itu, tanaman ini sangat ideal jika dibudidayakan dengan sistem hidroponik.

Cara menanam Bambu Rejeki secara hidroponik cukup mudah. Cukup siapkan pot atau wadah penanaman dan isi dengan air sekitar 3-8 cm sebelum akar tanaman tumbuh. Pastikan akar selalu terendam di dalam air setelah mulai tumbuh.

Perawatan dan penggantian air juga tidak susah. Cukup ganti air sekali dalam sebulan agar tanaman tetap mendapat pasokan nutrisi. Dengan demikian, Bambu Rejeki yang ditanam hidroponik dapat tumbuh subur dan tetap terlihat cantik meski hanya dengan perawatan sederhana.

Lumut Spanyol

Lumut Spanyol adalah jenis tanaman dengan ciri khas daun berwarna putih kehijauan dan bentuknya yang seperti jenggot. Tanaman ini unik karena dapat tumbuh di alam dengan menempel pada batang pohon serta menyerap nutrisi baik dari udara maupun air.

Karakteristik Lumut Spanyol yang demikian menjadikannya sangat cocok untuk dibudidayakan dengan sistem hidroponik di dalam ruangan. Lumut Spanyol hidroponik terlihat alami, seolah tumbuh langsung dari dinding serta menambah kesan taman vertikal di rumah.

Untuk menanam Lumut Spanyol secara hidroponik, siapkan pot atau media tanam lain yang berisi air. Pastikan akar tanaman selalu terendam di dalam air. Agar tetap mendapatkan nutrisi yang cukup, air media tanam perlu diganti seminggu sekali. Selain itu berikan juga pupuk cair hidroponik setiap 2 minggu sekali.

Bunga Bakung Putih

Bunga Bakung Putih adalah salah satu varietas dari tanaman bunga bakung yang cukup populer sebagai tanaman hias. Bunga bakung putih ini sangat cocok untuk dibudidayakan dengan teknik hidroponik.

Keunggulan menanam bunga bakung putih secara hidroponik adalah relatif lebih mudah perawatannya dibanding tanam di media tanah. Media dan nutrisi yang dibutuhkan juga sederhana.

Cara menanam bunga bakung putih hidroponik cukup mudah. Siapkan pot besar atau bak penanaman, isi dengan kerikil kemudian tambahkan air secukupnya hingga permukaan kerikil tergenang. Pastikan ketinggian air tidak melebihi permukaan kerikil.

Setelah itu tanam bibit bunga bakung putih. Pastikan bagian akar bunga bakung terendam di antara celah kerikil, hindari kontak langsung dengan air agar tidak mudah membusuk. Jaga kondisi air dan beri pupuk sesuai kebutuhan.

Dengan perawatan sederhana itu, bunga bakung putih hidroponik Anda akan tumbuh subur dan berbunga indah. Cocok sekali dijadikan tanaman hias rumah yang cantik.

Sirih Gading

Sirih Gading merupakan salah satu varietas sirih yang populer sebagai tanaman hias. Selain bisa ditanam di media tanah, ternyata Sirih Gading juga cocok jika dibudidayakan dengan metode hidroponik.

Cara menanam Sirih Gading secara hidroponik cukup mudah. Siapkan pot atau wadah kaca transparan, isi dengan air bersih. Kemudian potong batang Sirih Gading dengan ukuran 20-30 cm untuk dijadikan bahan tanam.

Letakkan batang yang sudah dipotong ke dalam wadah berisi air tadi. Pastikan bagian bawah batang terendam air sehingga dapat menumbuhkan akar. Setelah akar tumbuh, ganti air secara berkala kurang lebih seminggu sekali agar nutrisi tetap terjaga.

Jadi, untuk Anda yang ingin menghias rumah dengan tanaman Sirih Gading, metode hidroponik dapat menjadi pilihan alternatif budidaya selain menggunakan tanah. Selamat mencoba!

Tillandsia 

Tillandsia termasuk ke dalam jenis tanaman udara. Berbeda dari tanaman pada umumnya, Tillandsia mampu tumbuh dan berkembang tanpa memerlukan media tanah. Tanaman ini menyerap nutrisi dan kelembapan langsung dari udara.

Meski tergolong tanaman udara, bukan berarti Tillandsia tidak bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Justru dengan teknik hidroponik, Tillandsia bisa tumbuh lebih optimal di dalam ruangan.

Cara menanamnya pun cukup sederhana. Siapkan pot atau wadah transparan, isi dengan air bersih. Lalu gantungkan tanaman Tillandsia di atasnya, pastikan akarnya terendam di dalam air.

Karena hidupnya mengambil nutrisi dari air, maka air media tanam harus diganti secara berkala, misalnya seminggu sekali. Dengan begitu, Tillandsia hidroponik Anda akan tumbuh subur dan terlihat cantik.

Philodendron

Philodendron adalah salah satu jenis tanaman hias daun lebar yang sangat cocok untuk dibudidayakan dengan sistem hidroponik. Selain bentuk daunnya yang artistik, Philodendron juga tergolong tanaman yang mudah perawatannya.

Oleh karena itu, Philodendron sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hidroponik bagi pemula yang baru belajar. Cara menanamnya pun cukup mudah.

Pertama, siapkan pot atau wadah bening seperti akuarium atau toples. Kemudian isi dengan air bersih. Setelah itu, potong batang tanaman Philodendron sekitar 20 cm. Pastikan tidak ada daun di bagian bawah batang agar lebih cepat menumbuhkan akar.

Langkah selanjutnya tinggal merendam batang tanaman ke dalam wadah berisi air tadi hingga akar tumbuh. Jaga kondisi air tetap bersih dan ganti secara berkala agar tanaman hidroponik Philodendron Anda tetap sehat dan indah.

Anggrek

Anggrek termasuk genus tanaman berbunga yang memiliki banyak penggemar. Selain varietasnya yang beraneka ragam, cara merawat anggrek hidroponik relatif lebih mudah daripada menggunakan media tanah.

Beberapa jenis anggrek yang cocok untuk dibudidayakan secara hidroponik antara lain Anggrek Dendrobium dan Anggrek Bulan. Kedua jenis ini menyukai habitat yang lembap dengan sistem perakaran yang mampu menyerap nutrisi langsung dari udara.

Dalam menanam anggrek secara hidroponik, yang perlu diperhatikan adalah memilih wadah dan media tanam yang selalu menjaga kelembapan tinggi. Misal dengan pot khusus hidroponik yang dilengkapi water reservoir atau keran air otomatis untuk menyiram tanaman.

Pastikan akar tanaman selalu mendapat suplai kelembapan udara yang cukup serta nutrisi tambahan melalui penyiraman larutan nutrisi hidroponik secara rutin. Dengan kondisi ideal ini, anggrek hidroponik Anda akan tumbuh sehat dan mekar dengan indah.

Bunga matahari 

Bunga matahari dikenal dengan warna dan bentuk bunganya yang cantik. Selain ditanam di luar ruangan, ternyata bunga matahari juga bisa dibudidayakan di dalam ruangan dengan teknik hidroponik.

Media tanam yang dibutuhkan cukup sederhana, yaitu arang sekam. Caranya isi pot atau wadah dengan arang sekam kemudian semai biji bunga matahari. Atau bisa juga menggunakan bibit bunga matahari yang sudah siap tanam.

Pastikan lokasi tempat tanam bunga matahari hidroponik mendapat sinar matahari yang cukup. Misalnya dekat dengan jendela atau bisa menggunakan lampu LED tambahan. Hal ini penting agar proses fotosintesis bunga matahari berjalan lancar.

Perawatannya pun mudah, cukup siram tanaman sekali sehari agar media tanam lembap. Beri pupuk cair hidroponik secara berkala agar nutrisi tetap terpenuhi. Dengan perawatan teratur, maka akan diperoleh bunga matahari hidroponik yang tumbuh sehat dan berbunga maksimal.

Lidah buaya

Lidah buaya termasuk salah satu tanaman yang mudah dibudidayakan melalui sistem hidroponik. Dengan teknik hidroponik, tanaman lidah buaya dapat tumbuh optimal bahkan dalam pot kecil sekalipun.

Media tanam hidroponik untuk lidah buaya yang paling baik adalah menggunakan campuran arang sekam. Media ini mampu menjaga kelembapan tanaman dengan baik. Secara berkala, berikan juga larutan nutrisi AB mix agar pertumbuhannya lebih maksimal.

Untuk mendukung pertumbuhan tanaman lidah buaya hidroponik, lakukan penyiraman cukup 2 kali dalam sehari. Jaga kondisi media dan akar agar selalu lembap namun tidak tergenang air. Dengan perawatan rutin begitu, maka lidah buaya Anda akan terlihat segar dan indah meski ditanam di dalam ruangan.

Aglonema

Aglonema merupakan salah satu jenis tanaman hias populer karena bentuk dan corak daunnya yang unik dan beragam. Tanaman yang juga kerap disebut dengan nama Sri Rejeki ini mudah tumbuh baik di dalam maupun di luar ruangan.

Untuk menanam Aglonema hidroponik di dalam ruangan, caranya cukup mudah. Anda bisa menggunakan media tanam seperti kerikil, perlite, vermiculite, atau rockwool. Pastikan media tanam tidak terlalu padat agar sirkulasi udara dan air lancar ke akar tanaman.

Letakkan tanaman Aglonema hidroponik di tempat yang mendapat paparan sinar matahari langsung, seperti dekat jendela. Beri pupuk hidroponik secara berkala agar nutrisi yang dibutuhkan tanaman tetap tercukupi. Perawatan sederhana seperti ini sudah cukup agar Aglonema Anda tumbuh subur dan terlihat cantik.

Keladi Red Star

Keladi Red Star, dengan daun berwarna seperti keladi dan sentuhan merah di bagian atasnya, merupakan pilihan eksotis yang sempurna untuk ditanam dalam sistem hidroponik. Kelebihan utamanya terletak pada kemudahan penanaman dan perawatan, membuatnya cocok untuk para penggemar tanaman hias yang ingin mencoba hidroponik.

Tanaman ini dapat ditempatkan dengan sangat baik dalam lingkungan hidroponik. Untuk hasil yang maksimal, pilihlah lokasi yang mendapatkan paparan sinar matahari langsung. Sinar matahari akan memberikan energi yang diperlukan oleh Keladi Red Star untuk pertumbuhan dan perkembangan optimalnya.

Dengan menggabungkan kecantikan estetika eksotisnya dan kepraktisan dalam perawatan hidroponik, Keladi Red Star tidak hanya akan menambahkan sentuhan keindahan pada ruangan Anda tetapi juga memberikan pengalaman menanam tanaman hias yang memuaskan dan berbeda. Sambutlah keindahan eksotis Keladi Red Star di dalam rumah Anda, ciptakan taman hidroponik yang memukau, dan nikmati keberlanjutan kecantikan alam secara modern.

Iris

Dengan keanggunan bunga cantiknya, Iris hadir mempesona sebagai pilihan tanaman hias hidroponik indah nan eksotis untuk rumah Anda. Dikenal karena keunikan visualnya, tanaman air ini menghadirkan atmosfer menyejukkan dan artistik pada lingkungan indoor Anda.  

Keunggulan Iris adalah mampu beradaptasi sangat baik pada sistem hidroponik canggih. Tanpa mengandalkan media tanah konvensional, Iris tetap tumbuh subur dan memamerkan kecantikan bunga airnya. Inilah daya tarik Iris yang membuatnya disukai para floraphile moderen.

Dengan memasukkan Iris ke dalam instalasi hidroponik ruang dalam rumah Anda, kemolekan pesona bunga air nan eksotis siap dinikmati setiap saat tanpa perlu khawatir tentang perawatan rumit. Biarkan keajaiban Iris mempercantik suasana batin dan lingkungan batin Anda. Sambutlah kehadiran sang bunga cantik dari Iris ini untuk melengkapi koleksi tanaman air hias Anda.