Kebun

Yuk Kenali Berbagai Varietas Bunga Tulip dan Artinya

Bunga tulip, dengan keindahan uniknya, telah merajai kebun dan hati para pecinta tanaman hias selama berabad-abad.

40

Bunga tulip, dengan keindahan uniknya, telah merajai kebun dan hati para pecinta tanaman hias selama berabad-abad. Tanaman ini bukan hanya memikat mata dengan bentuk dan warna yang menarik, tetapi juga membawa bersamaan kisah sejarah yang menarik dan makna mendalam tergantung pada warna dan jenisnya.

Menyibak Sejarah dan Fakta Menakjubkan dari Bunga Tulip

Kilas Balik Panjang Perjalanan Bunga Tulip

Diduga bunga tulip (Tulipa) pertama kali ditemukan dan dibudidayakan di Asia Tengah (Kazakhstan, Uzbekistan, hingga Turkmenistan) sekitar abad ke-10 Masehi. Saat itu bangsa Turki Utsmani dan Mongol-Tatarlah yang aktif menanam tulip liar dari pegunungan Tien Shan sebagai tanaman hias.

Kemudian pada abad ke-16, saat ekspansi Kesultanan Utsmani ke Eropa Tengah dan Timur, bunga tulip ikut terbawa dan diperkenalkan ke wilayah tersebut. Di sinilah benih cinta Eropa, khususnya Belanda, pada pesona bunga tulip bermula.  

Pada abad ke-17, Belanda dilanda demam jagung bakar dalam peristiwa spektakuler yang dikenal sebagai Tulip Mania. Saat itu, harga bunga dan umbi tulip melonjak drastis hingga 100 kali lipat dalam jangka waktu sangat singkat. Saking tingginya permintaan di pasar, banyak pedagang yang menawarkan kontrak berjangka atas bunga tulip yang bahkan belum mekar.

Meski akhirnya gelembung ekonomi itu pecah dan menimbulkan krisis keuangan, namun peristiwa tersebut semakin melegenda-kan reputasi bunga tulip sebagai simbol kemakmuran dan kelas sosial di Belanda. Tak heran, kini tulip dijuluki sebagai bunga nasional negeri kincir angin tersebut.

Beragam Jenis Bunga Tulip Sesuai Warna dan Corak

Dikabarkan ada lebih dari 3000 varietas bunga tulip yang tersebar di dunia dengan warna dan corak yang luar biasa beragam. Beberapa di antaranya adalah:

Little Princess

Little Princess adalah varietas tulip paling mungil dengan postur miniatur yang proporsional bagai pahatan alam. Ia merupakan hasil persilangan unik Tulipa aucheriana dan Tulip hageri yang sama-sama memiliki gen kerdil dominan.

Ukuran tanaman dan bunganya yang kecil bak putri dongeng ini sangat cocok ditanam dalam pot gantung atau taman mini. Ia tumbuh dengan anggun dan memancarkan pesona maksimal walau hanya membutuhkan ruang sempit.

Secara harfiah, nama Little Princess melambangkan sosok mungil nan anggun bak bangsawan. Demikian pula arti warna putih gading pada kelopaknya sebagai simbol kesempurnaan, kesucian, kebahagiaan, dan keramahan.

Betapa mempesona keindahan sang putri kecil yang elegan ini. Wajar bila ia menjadi primadona dan koleksi favorit para penggemar tanaman hias.

Darwin Hybrid

Salah satu kultivar tulip paling populer di kalangan pencinta bunga adalah Darwin Hybrid. Apa yang membuatnya begitu istimewa? Mari kita saksikan lebih detail.

Secara visual, Darwin Hybrid sangat indah berkat perpaduan kontras warna oranye kemerahan pada dasar kelopak yang bergradasi menuju kuning keemasan di bagian tengah. Perpaduan elegansi dua warna panas ini tampak begitu serasi, menciptakan kesan mewah dan anggun sekaligus.

Selain tampilannya yang ayu, Darwin Hybrid juga memiliki arti filosofis mendalam. Bunga Tuli Merah-oranye sebagai simbol semangat membara, gairah, juga kehangatan persahabatan. Sementara itu, warna kuning emas melambangkan sukacita, optimisme, dan harapan masa depan yang cerah.

Kombinasi karakter visual dan maknanya yang positif inilah yang menjadikan Darwin Hybrid digandrungi banyak kolektor bunga. Ia cocok sebagai tanaman hias taman yang sekaligus menginspirasi dan menyemangati sang empunya rumah.

Angelique

Salah satu varietas paling terkenal dan menjadi ikon kecantikan tulip adalah Angelique. Apa rahasia di balik popularitasnya yang begitu melegenda?

Angelique memiliki kelopak berwarna merah muda dan putih yang melengkung anggun bak paras rupawan bidadari. Bentuk kuncupnya yang feminin dengan warna lembut kontras ini tampak begitu ayu dan memesona.

Selain kecantikannya yang luar biasa, Bunga tulip Angelique sebagai simbol cinta sejati, kasih sayang, serta kesetiaan yang mendalam. Makna filosofis ini semakin memperkuat reputasinya sebagai bunga keagungan.

Tak mengherankan jika Angelique begitu identik dengan Belanda dan kerap hadir dalam lukisan serta dekorasi ala negeri kincir angin tersebut. Ia adalah personifikasi keanggunan dan keromantisan nan agung.

Single Late

Single Late merupakan varietas unik karena periode berbunganya yang paling lambat, yakni di penghujung musim semi tepatnya bulan April hingga Mei. Ini berbeda dari kultivar tulip kebanyakan yang umumnya berbunga di awal musim semi.

Selain waktu berbunganya yang menarik, Single Late juga memukau lewat visual bendanya. Ia memiliki tangkai ramping dengan kelopak tunggal yang artistik. Warna cerah seperti merah, pink, atau kuning makin memperindah tampilannya.

Kombinasi waktu mekarnya yang berbeda dengan rupa bunganya yang ayu menciptakan pemandangan unik di halaman. Seolah Single Late adalah hadiah tersembunyi Sang Pencipta kala musim semi hendak beranjak sirna.

Benar-benar pesona yang langka! Tak heran bila Single Late menjadi incaran kolektor yang haus akan keunikan.

Double Late

Double Late adalah salah satu varietas tulip yang paling langka dan menantang untuk dibudidayakan. Apa yang membuatnya begitu istimewa?

Secara visual, Double Late memiliki kelopak bunga yang amat lebar dan berlapis-lapis bagai kue tart warna-warni. Didominasi warna merah dan kuning yang kontras, pemandangannya tampak semarak dan riang.

Sayangnya, Double Late termasuk jenis tulip yang susah tumbuh subur. Ia membutuhkan perawatan dan kondisi lingkungan khusus agar berhasil berbunga. Inilah yang menjadikannya sangat langka dan menjadi incaran kolektor bunga profesional.

Meski demikian, bagi yang berhasil menumbuhkannya, akan mendapat ganjaran keelokan tiada dua dari keunikan Double Late ini. Sungguh potret alam yang luar biasa!

Lady Tulip

Ingin menambah kesan anggun dan elegan pada dekorasi ruangan? Tancapkan Lady Tulip sebagai sentuhan artistiknya!

Varietas ini memiliki bentuk unik yang artistik layaknya bintang 8 kaki. Kelopak tunggal putih bersihnya yang bertabur tetes emas di bagian tengah tampak bagai mahkota bangsawan nan agung.

Selain bentuknya yang cantik, Lady Tulip adalah simbol permintaan maaf, pengampunan, serta rekonsiliasi. Makna filosofis ini semakin menguatkan kesan anggun dan elegan pada jenis tulip satu ini.

Tak heran Lady Tulip kerap dijadikan bunga meja, karangan bunga pengantin, atau dekorasi pesta pernikahan. Ia bagaikan sang primadona rupawan nan anggun di setiap tema dekorasi elegan.

Tulip Tarda

Tulip Tarda berasal dari Asia Tengah tempat pertama kali tulip ditemukan. Berbeda dengan varietas lainnya, Tarda sangat mudah beradaptasi dan dibudidayakan di berbagai iklim.

Tulip jenis ini paling dikenal karena warna kuning cerah menyalanya yang identik dengan keceriaan musim semi. Warna terang seperti lampu ini memantulkan semangat dan optimisme tiap kali memekarkan kuncup indahnya.

Selain warnanya yang riang, Tarda juga tumbuh cepat dan rajin berbunga. Perawatannya pun sangat mudah, cukup disiram dan dipupuk secara berkala. Ia sangat cocok menjadi tanaman taman yang ceria dan menyinari halaman.

Tak mengherankan jika Tulip Tarda sangat populer di kalangan pencinta bunga. Ia bagaikan personifikasi keceriaan musim semi yang hangat dan penuh harapan.

Tulip Shirley

Tulip Shirley dikenal karena setiap kuncup dan tangkainya memiliki warna yang unik dan berbeda satu sama lain. Tak ada dua tanaman Shirley dengan corak yang identik, layaknya warna alam yang selalu unik.

Perpaduan acak warna-warni yang kontras pada satu tangkai tanaman ini bak lukisan pelangi Sang Kuasa. Merah muda bersebelahan dengan ungu kebiruan. Kuning keemasan berdampingan dengan putih bersih. Pemandangan yang amat estetik!

Karakter visual unik Shirley yang tiada duanya ini menjadi daya pikat tersendiri bagi para kolektor bunga. Ia bagaikan representasi keagungan seni alam yang tak terkopi oleh tangan manusia. Sungguh ciptaan yang luar biasa!

Tulip Estella Rijnveld

Salah satu tulip paling unik dan artistik adalah Estella Rijnveld. Ia hanya mekar di kala musim dingin tiba, sementara varietas lain umumnya berbunga di musim semi.

Saat mekar, Rijnveld tampil begitu dramatis layaknya seorang diva. Kelopaknya yang lebar berbentuk acak asimetris kontras dengan warna merah dan putih yang membentang tajam.

Perpaduan tidak beraturan ini justru menciptakan pesona tersendiri bagai lukisan ekspresionis sang maestro alam. Begitu artistik dan berkarakter. Hanya mekar sebentar, semakin menambah nilai keeksklusifannya.

Inilah daya tarik Estella Rijnveld yang menjadikannya dicari kolektor. Ia bagaikan drama artistik musim dingin yang segera sirna, tertelan kepingan salju putih...

Kesimpulan

Bunga tulip ternyata memiliki sejarah yang panjang dan menarik sejak pertama kali ditemukan di Asia Tengah pada abad ke-10 Masehi. Kemudian tulip menyebar ke Eropa dan menjadi sangat populer di Belanda, bahkan sempat memicu gejolak ekonomi dalam "Tulip Mania" pada abad ke-17.

Kini tulip menjadi salah satu bunga paling digemari di dunia dan melambangkan identitas bangsa Belanda. Ada ribuan varietas tulip dengan keunikan bentuk, warna, serta makna filosofis masing-masing. Beberapa di antaranya adalah Little Princess, Darwin Hybrid, Angelique, Single Late, Double Late, Lady Tulip, Tulip Tarda, Tulip Shirley, dan Estella Rijnveld.

Setiap varietas memiliki ciri khas visual dan sebagai simbol hal-hal positif seperti cinta, persahabatan, optimisme, harapan, hingga permintaan maaf. Itulah ulasan singkat tetapi cukup detail mengenai pesona bunga tulip dari masa ke masa.