Cara Menanam Jambu Kristal Yang Benar Agar Berbuah Lebat

Diterbitkan 14 Apr 0079

Teman-teman pasti sudah mengenal jambu kristal ini sebelumnya, jambu ini merupakan salah satu jenis jambu yang memiliki sedikit dan tekstur buahnya yang renyah. Tanaman jambu krital dapat tumbuh pada tanah yang subur dan gembur dengan pH tanah berkisar antara angka 6-6,5.

Teman-teman bisa menanam jambu kristal ini di tempat yang diinginkan, dipot, di polybag atau langsung ke tanah pekarangan rumah. Cara menanam jambu biji supaya mendapatkan hasil lebih cepat bisa dilakukan dengan cara mencangkok, jika teman-teman menanamnya dengan menggunakan biji pastinya akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dia bertunas. 

Pilihlah pohon jambu kristal yang sudah pernah berbuah dan dahan yang setengah tua untuk dicangkok, jika terlalu tua maka ketika di sayat batang akan gampang patah. Teman-teman bisa menyayat dahannya dengan membuat dua irisan melingkar dengan jarak 3cm lalu kulit dahannya dikupas dan lendir kambium pada batangnya di kerik.

Dahan yang sudah dikupas kulitnya sebaiknya didiakan selama satu hari kemudian besoknya baru di lakukan pencangkokan. Kemudian teman-teman bisa menyiapkan media tanam tanah yang dicampur pupuk kandang dan sedikit air agar lembab. Jika tidak dicampur dengan pupuk kandang dan sedikit air maka media tanamnya nanti akan gampang kering dan pecah.

Setelah itu teman-teman bisa meletakkan media tanam pada dahan yang akan dicangkok dan setelah tu dibungkus dengan menggunakan plastik dan tidak perlu dilubangi. Kemudian plastik diikat ujung pangkal nya dengan sangat ketat agar disaat hujan tidak dimasuki air. 

Setelah kita selesai mengikat ujung pangkal nya dengan plastik kemudian didiamkan selama 2 bulan, pencangkokan dikatakan berhasil ditandai dengan keluarnya akar yang berwarna coklat dan sudah bisa kita lakukan pemotongan pada dahannya dengan memotong bagian bawah dari plastiknya. 

Siapkan polybag dengan pecahan batubata di dasarnya, kemudian isi media tanam dengan tanah gembur, pupuk kandang dan sekan dengan perbandingan 1:1:1. Kemudian dahan yang telah berhasil dicangkok tadi kita lepas dari plastiknya dan buat lubang kecil pada media tanamnya kemudian letakkan dahan nya pada lubang tersebut kemudian ditutup kembali. 

Penanaman yang baik sebaiknya dilakukan dengan cara menanamnya terlebih dahulu pada polybag yang kecil, apabila tumbuh besar kemudian dipindahkan lagi ke pot yang lebih besar, apabila tumbuh dewasa bisa dipindahkan pada pot yang besar. Proses ini memang agak repot tetapi teman-teman akan mendapatkan hasil yang lebih bagus.

Berikan larutan 2 liter air yang sudah dicampur dengan 2 sendok makan garam inggris pada tanaman yang baru kita pindahkan tadi agar tanaman tidak stres. Mungkin teman-teman sering mengalami tanaman yang baru dipindahkan pada polybag mengalami daunnya menguning dan layu, nah hal itu karena tanaman kaget dan kemudian stres karna kita lakukan proses pemindahan. Maka dari itu lakukanlah penyiraman dengan air garam pada tanaman yang baru saja dipindahkan tempat tanamnya dan diulang seminggu sekali.

Setelah dipindahkan tempat tanamnya, tanaman jambu kristal diletakkan pada tempat yang teduh dan setelah berumur satu atau dua minggu setelah tanaman beradaptasi bisa kita pindahkan ke tempat yang terkena panas. Ada beberapa langkah yang harus kita lakukan dalam merawat jambu kristal agar berbuah lebat. 

Langkah pertama adalah masalah penyiraman, tanaman jambu kristal sebenarnya sangat menyukai air akan tetapi air yang tidak menggenang maka dari itu teman-teman bisa lakukan penyiraman satu hari sekali. Jika cuaca panas bisa disiram dua kali sehari, dan bila kondisi hujan bisa disiram dua atau tiga hari sekali atau bahkan tidak perlu disiram.

Kemudian setiap satu bulan sekali lakukan pembersihan tanaman dari gulma yang tumbuh disekitar tanaman dan lakukan proses penggemburan tanah dengan mengkorek-korek bagian atas tanah. Kemudian langkah selanjutnya adalah pemangkasan, seperti yang kita tahu bahwa semua jenis tanaman membutuhkan proses pemangkasan dengan tujuan agar pohon menjadi lebih sehat dan memudahkan tanaman untuk berbuah. 

Cara pemangkasan nya adalah ketika tanaman tumbuh bercabang nah cabang utama nya adalah cabang mengahadap kiri, cabang menghadap kanan, dan cabang yang tegak lurus. kemudian cabang ini akan bercabang lagi membentuk 3 cabang yang sama, satu disebelah kiri, satunya lagi sebelah kanan, dan satunya lagi menghadap kedepan. Nah kemudian cabang ini pun juga akan bercabang kembali dengan 3 cabang dan sam aseperti sebelumnya. Nah kita akan tumbuhkan 3 cabang dari cabang masing-masing, jadi dari 1 cabang menjadi 3, dari 3 menjadi 9 dan dari 9 menjadi 27. 

Sebelum tanaman jambu kristal ini berusia satu tahun, biasanya tanamnanya sudah mulai berbuah, tetapi jika teman-teman ingin melestarikan pohonnya dengan berkebun dan menanam ditanah pekarangan rumah sebaiknya buah-buahnya dibuang saja dan terfokus untuk pembentukan batang dan tanamannya terlebih dahulu. Tetapi jika teman-teman hanya sekedar menanamnya kecil-kecilan saja tidak apa-apa jika buahnya dibiarkan saja ketika tumbuh sebelum satu tahun.

Kemudian langkah selanjutnya adalah masalah pemupukan, ada beberapa pilihan yang bisa teman-teman pilih untuk menyesuaikan pupuk yang tersedia dirumah. Pilihan yang paling mudah adalah dengan menggunakan pupuk npk dan ditambah dengan pupuk daun. Npk bisa diberikan 2 minggu atau sebulan sekali dengan satu sendok makan dicampur dengan 1 liter air dan kemudian disiramkan pada tanaman atau menaburkan dipinggir-pinggir tanaman juga boleh dilakukan. 

Kemudian pilihan yang kedua dengan menggunakan pupuk npk dan tsp + Kcl dan dirotasi setiap dua minggu sekali. Pemupukan pertama dengan menggunakan satu sendok atau tiga sendok jika tanamannya sudah besar dan ditaburkan dipinggiran tanaman dan jangan sampai mengenai batangnya karena dapat membuat tanaman mati dan kemudian ditimbun. Dua minggu kemudian kita berikan lagi satu sednok npk nya dipinggiran tanaman kemudian ditutup dan disiram. Kemudian dua minggu setelahnya kita berikan tsp satu sendok makan dan kcl satu sendok teh dan diberikan di pinggiran tanaman dan kemudian di timbun. 

Di samping itu eman-teman wajib memberikan pupuk kandang atau pupuk kompos sebagai pelengkap unsur hara pada tanaman dengan memberikan sebulan sekali sekitar satu atau dua genggam pupuk. Pemberian pupuk harus teratur dan jumlah nya diberikan sesuai, jika sering diberikan maka harus sedikit-sedikit tetapi jika pemberiannya jarang maka dapat berikan dosis agak banyak. 

Jika teman-teman ingin memberikan pupuk secara full organik, teman-teman bisa menggunakan pupuk kandang dan berikan zpt seminggu sekali dan lakukan penyemprotan untuk merangsang buah dan mempertahankan buahnya agar tidak rontok. Nah kejadian yang paling sering dialami adalah kasus buah yang sering rontok, itu bisa jadi karena tanaman kekurangan air atau kekurangan kalium. Untuk mengatasinya saya sudah bahas pada artikel sebelumnya, jika teman-teman belum membacanya bisa klik disini

Kemudian langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah pengendalian hama, serangan hama yang biasanya mengganggu tanaman jambu kristal biasanya ada tiga yaitu kutu putih, ulat dan jamur. Hal ini bisa diatasi dengan insektisida, ada banyak sekali jenis insektisida yang bisa kita gunakan dan beredar di pasaran. 

Teman-teman juga bisa membasmi hama dengan menggunakan pupuk organik ada banyak cara yang bisa teman-teman lakukan untuk membuat pupuk organik jika teman-teman telah membaca artikel sebelumnya, seperti contoh pada artikel ini dan disemprotkan satu minggu sekali. Jika serangan yang terjadi adalah serangan jamur maka kita bisa berikan anti jamur yang berbahan dasar tembaga, jika teman-teman ingin menggunakan bahan organik bisa membeli neem oil. 

Untuk serangan yang memakan buahnya langsung seperti kelelawar, teman-teman bisa melakukan pembungkusan buah yang juga berfungsi mengatasi sengatan lalat buah yang membuat buah berulat di dalamnya. Pembungkusan bisa dilakukan dengan kertas agar tidak terlalu panas kemudian dibungkus lagi dengan plastik dan diberi lubang sedikit agar terjadi penguapan. 

Nah itu dia info cara menanam jambu kristal dengan tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal dan berbuah lebat. Teman-teman bisa mencobanya dirumah dan caranya sangat gampang sekali, semoga berhasil dan bermanfaat. Sampai jumpa kembali pada artikel berikutnya.

0

Share on

Buletin.

Jangan lewatkan artikel apa pun, berlangganan buletin dan Anda akan diberi tahu saat artikel baru diterbitkan