Perkebunan

7 Rekomendasi Tanaman Buah untuk Budidaya Sepanjang Tahun

Di tengah peluang pasar buah-buahan yang terus meningkat dari waktu ke waktu, budidaya beberapa tanaman buah unggulan bisa menjadi pilihan bisnis yang sangat menjanjikan.

30

Di tengah peluang pasar buah-buahan yang terus meningkat dari waktu ke waktu, budidaya beberapa tanaman buah unggulan bisa menjadi pilihan bisnis yang sangat menjanjikan. Berikut ini 7 rekomendasi tanaman buah dengan nilai jual tinggi yang sangat layak untuk dikembangkan.  

Pada artikel ini, akan dibahas potensi dan prospek dari 7 tanaman buah unggulan tersebut, termasuk informasi tentang karakteristiknya, produktivitas, harga jual, keenam tanaman rekomendasi tersebut adalah anggur, alpukat, jambu biji, salak pondoh, pisang cavendish, dan pepaya california.

Dengan membaca artikel ini iharapkan para pembaca bisa mendapatkan gambaran utuh tentang prospek menjanjikan dari peluang bisnis budidaya 7 tanaman buah unggulan ini. Selamat membaca dan semoga informasinya bisa bermanfaat untuk menentukan peluang agribisnis buah terbaik ke depannya.

Berikut 7 tanaman buah unggulan untuk budidaya sepanjang tahun

1. Anggur

Anggur adalah tanaman buah langka yang mampu berproduksi hampir sepanjang tahun. Tidak seperti tanaman musiman lainnya yang tergantung musim, anggur dapat berbuah pada rentang waktu panjang di sebagian besar musim.

Beberapa varietas unggulan anggur lokal yang sangat dianjurkan untuk dibudidayakan petani Indonesia antara lain Anggur Kediri Kuning, Anggur Probolinggo Biru, dan Anggur Bali. Ketiga varietas tersebut telah teruji adaptif terhadap kondisi iklim tropis sehingga cocok dibudidayakan.

Secara rata-rata, produktivitas anggur fantastis yaitu mencapai 50-70 kg per pohonnya dalam satu kali masa panen. Disamping itu, buah anggur lokal memiliki nilai jual tinggi dengan harga rata-rata Rp25.000-Rp40.000 per kg nya. 

Karena potensi produksinya yang besar dan continous serta harganya yang fantastis inilah anggur sangat layak dijadikan tanaman buah unggulan yang dibudidayakan secara intensif oleh petani maupun perusahaan agribisnis. Prospek bisnis dan keuntungannya pun sangat menjanjikan dalam jangka panjang.

2.  Alpukat  

Alpukat adalah salah satu jenis tanaman buah yang tidak mengenal musim atau dapat berbuah sepanjang tahun. Dua varietas unggul yang sangat direkomendasikan adalah Alpukat Mentega dan Alpukat Minat.

Kedua varietas alpukat tersebut menghasilkan buah dengan kualitas premium. Ukuran buahnya tergolong besar dengan berat rata-rata mencapai 2 kg per buah. Kulit buah berwarna hijau mengkilap dengan daging buah tebal berwarna hijau muda dan biji yang kecil-kecil. Rasa alpukat paduan gurih, sedikit pahit dan manis khas buah creamy.

Rata-rata produktivitas untuk Alpukat Mentega dan Minat cukup tinggi, yakni 700-1100 buah per pohon. Buah alpukat masuk kategori buah mahal, dengan harga jual rata-rata puluhan ribu rupiah per kg nya. Oleh karena itu budidaya Alpukat Mentega maupun Minat sangat potensial sebagai peluang agribisnis menguntungkan.

3. Jambu Biji

Jambu biji merupakan salah satu tanaman buah unggulan yang dapat dipanen hampir sepanjang tahun tanpa bergantung musim. Rentang waktu panennya lebih panjang dibanding tanaman buah musiman lainnya.

Ada dua varietas jambu biji yang direkomendasikan untuk dibudidayakan yakni Jambu Biji Merah dan Jambu Kristal. Kedua varietas ini telah terbukti adaptif dan berproduksi optimal di sebagian besar musim.

Buah jambu biji memiliki citarasa khas yang manis, renyah, dan rasanya sangat menyegarkan karena mengandung air yang melimpah. Sensasi rasa dan teksturnya bikin ketagihan.

Jambu biji sangat cocok dibudidayakan secara monokultur dalam skala luas misal 1 hektar agar ekonomi produksinya optimal. Oleh karena itu, jambu biji berpotensi memberikan keuntungan besar bagi petani dan pengusaha perkebunan dalam jangka panjang.

4. Salak Pondoh

Salak pondoh merupakan varietas unggul dari tanaman salak yang cukup langka namun prospek pasarnya cerah. Buah salak ini memiliki citarasa spesial yaitu perpaduan rasa manis dan asam yang menyegarkan.

Salak pondoh berwarna kuning terang mengilap dengan tekstur daging buahnya yang renyah serta tidak banyak mengandung biji di dalamnya. Karakteristik fisik dan rasanya ini yang membuat salak pondoh digemari.

Rata-rata salak pondoh dapat dipanen dua kali dalam setahun. Meski tidak setiap bulan berbuah, namun permintaan pasarnya cukup tinggi dengan harga jual Rp8.000-15.000 per kg.

Dengan keunikan rasanya serta potensi pasarnya, maka salak pondoh layak untuk dikembangkan. Perawatannya pun tidak serumit buah langka lainnya.

5. Pisang Cavendish  

 Pisang cavendish sudah sangat dikenal luas dan digemari karena rasanya yang manis legit. Selain itu, produktivitas dari pisang jenis ini juga sangat fantastis, mencapai 10 ton per hektarnya dalam satu kali masa panen.

Angka produktivitasnya yang besar ditunjang oleh sifat pisang cavendish yang tidak tergantung musim tertentu. Penanaman dapat dilakukan sepanjang tahun dengan hasil yang maksimal.

Dengan harga jual antara Rp5.000 - Rp8.000 per kg nya, maka tak heran bila pisang cavendish menjadi primadona dan incaran para petani maupun pengusaha perkebunan. Prospek bisnis dan keuntungan dari budidaya pisang jenis ini sangat menjanjikan.

6. Pepaya California

Pepaya california merupakan salah satu varietas unggul pepaya yang potensial untuk dibudidayakan karena mampu berbuah hampir setiap bulan atau tidak bergantung musim tertentu.

Buah pepaya jenis ini berukuran cukup besar dengan berat rata-rata 1-2 kg per buah. Daging buahnya tebal berwarna oranye terang. Rasa pepaya california terkenal sangat manis dan wanginya khas memikat.

Selain rasanya yang lezat, prospek pasar dan bisnis pepaya ini juga sangat cerah mengingat harga jualnya yang tinggi antara Rp8.000 - Rp12.000 per kg nya. Pepaya california layak menjadi komoditas utama perkebunan dengan keuntungan jangka panjang yang menjanjikan.

7. Mangga Gedong Gincu

Mangga Gedong Gincu merupakan salah satu varietas unggul mangga yang juga berpotensi untuk dibudidayakan secara intensif. Mangga jenis ini dikenal memiliki aroma dan rasa yang khas serta sangat manis legit.

Tekstur daging buahnya yang tebal dan berserat halus juga menjadi ciri khas tersendiri. Mangga Gedong Gincu tidak tergantung musim tertentu sehingga mampu berbuah hampir sepanjang tahun.

Rata-rata produktivitasnya mencapai 800-1.000 kg per pohon. Harga jual mangga Gedong Gincu biasanya berkisar Rp10.000-Rp15.000 per kg nya tergantung kualitas dan ukuran buah.

Jadi Mangga Gedong Gincu juga berpotensi dijadikan komoditas utama perkebunan buah dengan nilai ekonomi tinggi dan berpeluang memberikan keuntugan besar secara berkelanjutan.

Kesimpulan

7 jenis tanaman buah di atas telah terbukti mampu berproduksi hampir sepanjang tahun sehingga sangat potensial untuk dibudidayakan secara intensif. Diantaranya adalah anggur, alpukat, jambu biji, salak pondoh, pisang cavendish, dan pepaya california.

Dengan kombinasi produktivitas dan harga jual yang tinggi, ke-7 varietas unggul tersebut berpeluang memberikan keuntungan besar dan stabil bagi petani maupun pengusaha perkebunan buah. Hal ini tentu menjawab keraguan bahwa agribisnis buah-buahan bersifat musiman dan kurang menjanjikan.

Pemilihan lokasi dan penyiapan lahan, teknik budidaya, hingga strategi pemasaran juga turut menentukan keberhasilan dan skala keuntungan dari bisnis tersebut. Namun potensinya sudah sangat besar untuk dioptimalkan.

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat. 

Follow Perkebunan Indonesia Di Google news