Perkebunan

Asam Amino Super Pupuk Organik Untuk Pertumbuhan Tanaman Yang Optimal

Perkebunan.

21

Perkebunan.org - Asam amino super adalah pupuk organik yang ramah lingkungan dan bermanfaat bagi pertumbuhan tanaman. Pupuk ini dibuat dari bahan-bahan alami seperti telur, daun pepaya, dan kulit nanas yang difermentasi dengan bakteri pengurai.

Telur mengandung protein dan beragam jenis asam amino esensial. Protein dan asam amino ini akan terurai oleh bakteri pengurai menjadi senyawa yang lebih sederhana. Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu proses fermentasi bahan organik. Sedangkan kulit nanas kaya akan mikroorganisme dan enzim bromelin yang bermanfaat dalam proses dekomposisi bahan organik.

Fermentasi bahan-bahan tersebut oleh bakteri pengurai menghasilkan asam-asam amino, asam organik, hormon tanaman, dan nutrisi lainnya. Asam amino dan hormon tanaman berperan penting dalam merangsang pertumbuhan akar, batang, daun, bunga, dan buah tanaman. Sedangkan asam organik dapat membuat unsur hara lebih tersedia bagi tanaman.

Kelebihan asam amino super adalah kandungan asam aminonya yang lengkap, sehingga sangat bermanfaat bagi seluruh siklus hidup tanaman. Pemberian asam amino super secara rutin dapat meningkatkan hasil panen dan kualitas tanaman secara signifikan.

Manfaat Asam Amino Super

1. Meningkatkan Pertumbuhan Tanaman secara Optimal

Asam amino super dapat meningkatkan pertumbuhan tanaman secara optimal karena mengandung senyawa penting penunjang pertumbuhan vegetatif yaitu asam amino, hormon tanaman, dan nutrisi esensial. Asam amino bermanfaat untuk pembentukan protein dan mendorong perkembangan jaringan tanaman.

Hormon tanaman seperti auksin, giberelin, dan sitokinin yang terdapat di dalam asam amino super turut berperan dalam stimulasi pembelahan dan pembesaran sel serta diferensiasi jaringan tanaman. Adanya pengaruh hormon tersebut menjadikan pertumbuhan tanaman lebih cepat dan seragam.

Nutrisi esensial lainnya seperti nitrogen, fosfor, kalium, dan mineral juga dibutuhkan tanaman untuk menjalankan metabolisme dan aktivitas fisiologis agar dapat tumbuh dengan baik. Keberadaan berbagai senyawa ini menjadikan asam amino super sangat ideal dalam mendukung pertumbuhan vegetatif tanaman hingga mencapai potensi genetik optimalnya.

Dengan demikian, aplikasi asam amino super dapat menjadi pupuk organik yang efektif dan efisien dalam meningkatkan pertumbuhan tanaman secara menyeluruh dari akar hingga bagian atas tanaman.

2. Meningkatkan Hasil Panen

Asam amino super bermanfaat untuk meningkatkan hasil panen berupa buah, biji, bunga, dan organ tanaman lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan asam amino, hormone tanaman, dan nutrisi dalam asam amino super berperan penting dalam pembentukan organ generatif tanaman.

Misalnya, hormon giberelin dan sitokinin mendorong pembentukan bunga dan buah. Asam amino dan nutrisi lain memacu pembelahan sel dan pembesaran buah serta biji. Dengan peningkatan jumlah dan ukuran organ tanaman ini, produktivitas tanaman pun ikut meningkat tajam.

Selain kuantitas, kualitas hasil panen juga meningkat karena tanaman yang subur dengan nutrisi terpenuhi cenderung menghasilkan buah dan biji yang lebih sehat dan bergizi. Rasanya pun menjadi lebih enak dengan tekstur yang lebih baik.

Jadi, pemanfaatan asam amino super bukan hanya menambah jumlah hasil panen, tetapi juga meningkatkan kualitasnya. Petani bisa mendapatkan hasil panen yang melimpah dan bergizi tinggi dari lahan yang sama.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tanaman

Senyawa bioaktif yang terkandung dalam asam amino super berperan penting dalam meningkatkan daya tahan tanaman terhadap serangan hama dan penyakit. Senyawa bioaktif tersebut seperti flavonoid, alkaloid, saponin, dan tanin berfungsi sebagai pestisida nabati yang mampu menangkal atau membunuh serangga dan patogen tanaman.

Selain itu, senyawa bioaktif juga berfungsi meningkatkan imunitas tanaman itu sendiri. Caranya dengan merangsang produksi senyawa antitoxin, antivirus, dan antibakteri di dalam tubuh tanaman. Protein dan asam amino juga membantu sintesis senyawa tersebut.

Dengan demikian, tanaman menjadi lebih resisten dan memiliki mekanisme pertahanan diri yang lebih baik untuk melawan serangan patogen. Daya tahan alami tanaman semakin meningkat, sehingga tanaman jarang terserang penyakit atau mati.

Hal ini tentu sangat menguntungkan karena dapat menekan kehilangan hasil panen akibat serangan hama dan penyakit. Petani juga tidak perlu banyak menggunakan pestisida kimia yang berbahaya bagi lingkungan.

4. Tanah Jadi Lebih Subur

Asam amino super mengandung bahan organik yang tinggi dari proses fermentasi berbagai bahan alami. Bahan organik ini bermanfaat untuk memperbaiki sifat fisik, kimia, dan biologi tanah.

Secara fisik, bahan organik dapat memperbaiki struktur tanah menjadi lebih gembur dengan agregat tanah yang lebih mantap sehingga aerasi dan drainase tanah menjadi lebih baik.

Secara kimia, bahan organik meningkatkan ketersediaan dan cadangan hara dalam tanah. Kapasitas tukar kation (KTK) tanah meningkat sehingga kemampuan menyimpan unsur hara menjadi lebih besar.

Secara biologi, bahan organik menyediakan sumber energi dan makanan bagi mikroba tanah. Jumlah dan keragaman mikroba tanah meningkat, yang selanjutnya menunjang ketersediaan hara tanah.

Dengan perbaikan sifat-sifat tanah ini, kesuburan tanah meningkat secara alami. Produktivitas tanaman pun ikut meningkat karena tersedianya air dan unsur hara yang cukup bagi pertumbuhan tanaman yang optimal.

Cara Membuat Asam Amino Super

  1. Siapkan bahan-bahan:
    • 10 butir telur
    • Kulit 1 buah nanas
    • 5 lembar daun pepaya
    • 1 botol kecil cuka
    • 200-250 gram gula
    • 3 liter air kolam ikan
  2. Siapkan alat-alat:
    • Blender
    • Wadah fermentasi
    • Selang
    • Corong
    • Botol air mineral

Langkah selanjutnya potong kecil-kecil daun pepaya dan kulit nanas. Lalu blender daun pepaya dan 1 liter air. Setelah itu, blender nanas, gula, dan 2 liter air. Blender juga telur dan cuka. Campurkan semua bahan yang sudah diblender ke dalam wadah fermentasi dan aduk rata.

Tuang campuran bahan tadi ke wadah fermentasi. Pasang selang pada wadah fermentasi dan masukkan ujungnya ke dalam botol air mineral berisi 600 ml air. Tutup rapat wadah fermentasi dan botol air mineralnya.

Letakkan wadah fermentasi di tempat yang terkena sinar matahari langsung dan diamkan selama 3-5 hari untuk difermentasi. Setelah 5 hari, asam amino super siap digunakan.

Cara Aplikasi Asam Amino Super

Sebelum mengaplikasikan asam amino super, lakukan tes dan ukur kadar TDS (Total Dissolved Solids) larutan asam amino supernya terlebih dahulu agar mendapatkan takaran yang tepat untuk diaplikasikan pada tanaman.

Lakukan aplikasi asam amino super secara berkala, kurang lebih 1 minggu sekali selama masa vegetatif tanaman agar pertumbuhannya maksimal. Frekuensi pemberian bisa disesuaikan dengan kondisi dan umur tanaman.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, kombinasikan pemberian asam amino super dengan pupuk organik lainnya seperti pupuk kandang, kompos, ataupun Bokashi. Penggunaan beberapa jenis pupuk organik secara bersamaan dapat menyediakan nutrisi yang lebih lengkap dan seimbang untuk pertumbuhan tanaman secara optimal.

Untuk pembibitan, campurkan 2-5 ml asam amino super per liter air. Bisa dicampur dengan pupuk NPK dan kocorkan pada bibit tanaman. Pada tanaman muda, gunakan 2-5 ml asam amino super per liter air sebagai pengganti asam amino pabrikan.

Untuk penyemprotan tunggal, gunakan 50-100 ml asam amino super per liter air. Sedangkan untuk pengocoran tunggal pada lahan, gunakan takaran 100-200 ml asam amino super per 20 liter air.

Aplikasikan secara rutin sesuai takaran untuk mendapatkan hasil pertumbuhan dan produktivitas tanaman yang maksimal. Ukuran takaran dapat disesuaikan dengan kondisi dan jenis tanaman.

Referensi

  1. Kementerian Pertanian. 2015. Penggunaan Pupuk Organik dan Pupuk Hayati untuk Kesuburan Tanah dan Tanaman. Jakarta.
  2. Hadisuwito, S. 2012. Membuat Pupuk Kompos Cair. Jakarta: AgroMedia Pustaka.
  3. Lingga, P. dan Marsono. 2013. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Jakarta: Penebar Swadaya.