Perkebunan

9 Dampak Positif Perkebunan Indonesia Bagi Masyarakat

Perkebunan Indonesia adalah salah satu kunci perekonomian yang sangat berpotensi untuk terus meningkat.

28

Perkebunan Indonesia adalah salah satu kunci perekonomian yang sangat berpotensi untuk terus meningkat. Indonesia memang merupakan sebuah negara yang tanahnya sangat subur, sehingga pekerjaan seperti berkebun, bertani dan sejenisnya sangat cocok untuk masyarakat.

Dengan adanya sektor perkebunan ini, Anda pasti menyadari bahwa negara Indonesia sangat diuntungkan dengan adanya hasil bumi yang sangat sering diekspor ke luar negeri. Hal ini karena dampak ekspor lebih baik daripada harus mengimpor bahan - bahan dari luar negeri.

Namun selain memberikan dampak positif untuk negara, sebenarnya perkebunan Indonesia juga memberikan dampak positif bagi masyarakat itu sendiri. Dampak positif tersebut tentu saja akan membantu masyarakat agar terus maju, baik dalam segi SDM atau perekonomiannya.

Jika Anda adalah orang yang sering terjun di bidang perkebunan, Anda harus tahu bahwa pekerjaan dalam perkebunan sangat bagus dampaknya untuk diri sendiri. Pahami penjelasan tentang dampak positif adanya perkebunan di Indonesia bagi masyarakat setempat.

Dampak Positif Perkebunan Indonesia Bagi Masyarakat

Perkebunan adalah salah satu aset yang bagus dari sebuah negara. Indonesia sangat beruntung memiliki daerah perkebunan yang sangat luas dan banyak jenis tanamannya. Perkebunan ini tentu saja juga memberikan dampak positif bagi masyarakat di Indonesia seperti berikut ini.

Membuka Lapangan Kerja

Dampak positif paling utama dari perkebunan Indonesia adalah dapat membuka lapangan kerja untuk banyak masyarakat di Indonesia. Seperti yang Anda ketahui, lapangan kerja kini sangat sulit didapatkan. Terutama lapangan kerja di perkantoran, bisnis dan sektor sejenisnya.

Namun adanya perkebunan membuat orang - orang yang tidak mendapat kesempatan kerja menjadi berpenghasilan. Faktanya, di Indonesia berbagai bisnis komoditas kebun seperti kelapa sawit, kakao, kopi, bawang, rempah - rempah, tembakau dan lainnya memberikan pekerjaan.

Bahkan gaji bekerja di sektor tersebut juga tidak sedikit. Dengan adanya lapangan kerja terbuka luas, masyarakat bisa turut bergabung dan mensejahterakan kehidupannya sendiri. Sampai saat ini bahkan sektor kebun sudah membuka lapangan pekerjaan sampai berjuta - juta jumlahnya.

Meningkatkan Produktivitas Kerja

Selain memberikan lapangan kerja luas, sektor perkebunan Indonesia juga membantu meningkatkan produktivitas kerja masyarakat. Hal ini karena orang - orang tidak akan menganggur lagi jika sudah dapat pekerjaan di sektor kebun Indonesia tersebut.

Produktivitas kerja juga sangat dibutuhkan oleh warga karena menganggur terus di rumah akan terasa tidak nyaman. Tanpa pekerjaan, warga menjadi tidak tahu harus melakukan apa dan tidak mendapat penghasilan. Hal ini pasti akan membuat stress orang - orang yang tidak bekerja.

Bahkan masyarakat bisa saja lebih produktif dari yang diharapkan. Bekerja di sektor ini terkadang membutuhkan waktu lebih lama dari jam kerja biasanya. Namun tentu saja gajinya juga sangat besar mengikuti jam kerja dan usaha bekerja yang lebih besar dari biasanya.

Meningkatkan Pendapatan Daerah

Pendapatan daerah juga akan meningkat dengan adanya perkebunan Indonesia. Hal ini karena pendapatan sebuah daerah biasanya dilihat dari apa yang dihasilkan oleh daerah tersebut. Semakin banyak produk dihasilkan, maka pendapatannya juga akan semakin besar.

Peningkatan pendapatan daerah juga akan membuat UMR semakin meningkat. Hal ini pasti sangat bagus untuk orang - orang yang bekerja kantoran di daerah tersebut.

Pendapatan daerah meningkat artinya citra sebuah daerah juga akan semakin meningkat. Hal ini pasti akan berdampak pada masyarakat, karena daerah dengan citra bagus akan mendapat perhatian dari orang lain dan pemerintah.

Misalnya Anda tinggal di daerah dengan penghasil bawang terbanyak di Indonesia. pasti pemerintah akan memperhatikan daerah tersebut dengan banyak memberi bantuan dan pelatihan. Orang dari luar daerah juga pasti merasa tertarik untuk mengunjungi daerah Anda.

Sebagai Sumber Bahan Baku Pangan

Adanya perkebunan Indonesia juga sangat bermanfaat karena dapat menjadi sumber bahan baku pangan. Dengan kata lain, sektor ini akan membantu masyarakat mendapat kebutuhan pokoknya dengan mudah, misalnya mendapat teh, sayur - sayuran, buah dan bahan lainnya.

Dengan adanya sumber bahan baku pangan, Anda tidak perlu membeli bahan pangan dari daerah lain. Negara juga tidak perlu melakukan impor dari negara lain. Singkatnya, memiliki sektor kebun luas dan menjanjikan dapat membuat masyarakat bisa hidup lebih mandiri.

Bahkan masyarakat yang langsung memiliki lahan perkebunan bisa lebih hemat dalam memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini karena pemilik kebun bisa mengambil hasilnya sendiri kapan saja.

Sebagai Sumber Energi

Dampak lainnya dari perkebunan Indonesia adalah sebagai sumber energi untuk negara itu sendiri. Disebut dengan sumber energi, karena Anda bisa memanfaatkan hasil bumi untuk menciptakan energi baru. Misalnya dengan memanfaatkan komoditas kelapa sawit.

Kelapa sawit dari tahun ke tahun selalu diekspor ke luar negeri, karena di luar negeri sangat membutuhkan energi. Anda juga bisa memanfaatkan kelapa sawit sebagai sumber energi, agar tidak perlu impor bahan - bahan pembangkit energi dari negara lain.

Masyarakat juga bisa lebih mandiri memenuhi kebutuhan gas di daerahnya menggunakan bahan - bahan dari kebun. Itu sebabnya mempertahankan sektor kebun sangat penting untuk memenuhi kebutuhan pokok diri sendiri.

Pemanfaatan Lahan

Dampak lainnya adalah pemanfaatan lahan secara maksimal. Di Indonesia ada banyak sekali lahan milik per orangan yang terkadang dibiarkan begitu saja. Jika Anda juga memiliki lahan seperti ini, sebaiknya manfaatkan saja untuk menjadi bagian dari perkebunan Indonesia.

Lahan yang ada harus dimanfaatkan sebaik mungkin untuk menanam berbagai tanaman. Misalnya menanam buah - buahan, kakao, kopi, pohon karet dan lain sebagainya. sehingga lahan tidak akan menganggur, justru dapat memberikan penghasilan pada pemiliknya.

Pemanfaatan lahan tidak hanya memberikan penghasilan berupa uang, namun Anda juga bisa mendapat hasil bumi sendiri yang bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pokok sehari - hari. Misalnya tanaman buah dan sayur bisa dimanfaatkan untuk bahan makanan di rumah.

Meningkatkan Kesehatan Lingkungan

Perkebunan Indonesia juga berdampak pada kesehatan lingkungan, karena konsep dasar dari berkebun itu sendiri adalah menanam tanaman. Selain membantu memanfaatkan lahan dan menghijaukan daerah, kesehatan lingkungan juga terjaga karena teknik - teknik berkebun.

Meskipun tidak semua, namun orang - orang yang berkebun biasanya melakukan teknik tertentu untuk menjaga ekosistem. Sehingga lingkungan di sekitar perkebunan sudah pasti akan terjaga.

Kesehatan lingkungan juga akan berdampak pada masyarakat yang tinggal di sekitarnya, karena turut mendapatkan udara segar dan berkualitas.

Berpotensi Menjadi Tempat Wisata

Banyak perkebunan Indonesia berpotensi besar menjadi tempat wisata. Contohnya adalah perkebunan di daerah Malang, Jawa Timur yang sudah sering mendapatkan pengunjung. Tempat wisata tentu saja akan menaikkan pendapatan daerah dan masyarakat di dalamnya.

Misalnya menjadikan kebun teh dan kopi sebagai tempat wisata. Orang - orang yang datang akan mendapat edukasi lebih baik lagi tentang kebun. Kemudian pengelola juga akan mendapat penghasilan sendiri untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Meningkatkan Kegiatan Ekspor

Dampak positif terakhir adalah meningkatkan kegiatan ekspor ke luar negeri. Dengan melakukan ekspor, sebuah negara akan lebih maju dan mata uangnya berpotensi naik. Hal ini juga pasti akan berdampak baik pada perekonomian masyarakat.

Sejauh ini, Indonesia memang sudah sering melakukan ekspor komoditas hasil bumi ke luar negeri. Jenisnya juga banyak seperti karet, cengkih, kapas, tembakau dan masih banyak lagi. Semakin sering ekspor, maka perekonomian masyarakat juga bisa lebih sejahtera.

Dengan berbagai dampak positif tersebut, tentu saja negara Indonesia dan masyarakatnya sangat diuntungkan. Oleh karena itu, sangat penting mempertahankan kualitas dari perkebunan Indonesia agar masyarakat tetap diuntungkan dengan adanya sektor ini.