Perkebunan

Ide Bisnis Kreatif Bidang Perkebunan yang Paling Menjanjikan

Hidup di era modern saat ini menuntut semua orang untuk hidup serba kreatif.

27

Hidup di era modern saat ini menuntut semua orang untuk hidup serba kreatif. Termasuk mendirikan bisnis di sektor perkebunan.

Sebelum lebih jauh, hal mendasar yang harus diketahui adalah kemampuan untuk melakukan analisa biaya, mengetahui seberapa besar biaya tetap, biaya tidak tetap, sampai menentukan target pasar.

Tak kalah penting mampu dalam memilih lokasi usaha yang tepat, memilih mencari pemasok atau memproduksi sendiri, menyiapkan jasa pengiriman, sampai menentukan strategi pemasaran.

Jika hal diatas telah dikuasai, tinggal menentukan salah satu dari empat ide bisnis kreatif bidang perkebunan di bawah ini, berikut ulasannya.

Usaha Pupuk dan Pembibitan

Ide usaha kreatif pertama yang paling mendatangkan laba maksimal adalah bisnis pupuk dan bibit. Bahkan, jenis usaha ini dapat dilakukan oleh semua kalangan tanpa memiliki lahan yang luas.

Alasan ide bisnis pupuk dan pembibitan ini menjanjikan karena selama orang-orang masih tertarik dengan dunia perkebunan dan pertanian, maka selama itu pula orang membutuhkan pupuk dan bibit.

Untuk memulai ide bisnis usaha pupuk, ketahui aliran irigasi pupuk di tempat Anda. Seperti misalnya target konsumen, hak edar dan perizinan, harga sewa lokasi, kemasan, strategi pemasaran, sampai penyedia bahan baku.

Untuk pupuk impor biasanya akan didominasi dari negara Rusia dan Tiongkok. Atau bisa disebut juga kedua negara tersebut adalah penyuplai pupuk impor di Indonesia.

Namun, karena krisis keamanan (Rusia), akan terjadi pelarangan impor pupuk besar-besaran dari Rusia. Maka untuk pupuk impor yang akan membanjiri Tanah Air adalah yang berasal dari Tiongkok.

Ketahui juga, sampai saat ini ada dua jenis pupuk yang kerap diperjualbelikan, yakni pupuk kimia dan organik. Pilih yang paling mewakili wilayah Anda.

Jika kita memilih pupuk organik atau bisnis yang sustainable dan berdampak pada lingkungan, maka kita harus tahu jika pupuk tersebut didapat dari bahan-bahan alami.

Paling penting, ketahui juga jika pupuk organik akan kalah saing dengan pupuk kimia karena terkait produktivitas.

Keuntungan yang didapat dari usaha ini bervariasi, mulai dari Rp3.000.000 per bulan sampai Rp4.000.000 per bulan dengan perkiraan balik modal di bulan ke-3, jika Anda menggelontorkan modal di kisaran Rp10.000.000.

Bicara ide usaha kreatif pembibitan, sudah banyak kalangan pebisnis yang sukses menekuni sektor ini. Salah satunya mendatangi para pemilik tanaman dengan menawarkan kerjasama cangkok buah-buahan. Setiap batang tanaman yang berhasil dicangkok, akan dibeli jika laku terjual.

Bayangkan, jika tiap 1 lokasi Anda mampu mencangkok 3 pohon dengan 30 cangkok, artinya tiap bulan akan menghasilkan lebih dari 1.000 cangkokan. Jika sudah memiliki stok cangkokan yang cukup banyak, lakukan percepatan dengan menjalin kerjasama dengan para pengepul bibit.

Keuntungan yang didapatkan dari bisnis ini bervariasi, mulai dari Rp8.000.000 per bulan sampai Rp12.000.000 jika Anda mampu menjual ribuan batang bibit dengan perkiraan modal hanya Rp300.000.

Ide lain pembibitan yang tak kalah menarik seperti bibit tanaman hias, bibit tanaman obat, hingga bibit sayur-sayuran.

Agrowisata

Agrowisata dikenal luas sebagai bentuk wisata sektor pertanian yang condong dibuat untuk menambah pengetahuan sambil berekreasi. Beberapa diantaranya seperti di Tamah Suruh di Banyuwangi, Mekarsari di Bogor, atau Agrowisata Bhumi Merapi di Yogyakarta.

Untuk permulaan, bisnis ini tidak mesti harus menghadirkan tanaman lengkap, satu jenis tumbuhan pun bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan sebagai tempat wisata, salah satunya tanaman jeruk.

Wisata Kebun dianggap dapat menghadirkan suasana sejuk, asri dan rindang. Pasti para wisatawan akan betah berlama-lama menghabiskan waktu, terutama di akhir pekan.

Pemasukan dari sektor ini juga cukup beragam, mulai dari tiket masuk, panen buah, wahana playground (jika ada), kolam pancing (jika ada), hingga wahana-wahana lainnya.

Rata-rata, pengelola wisata kebun akan mendapatkan keuntungan dengan estimasi hingga Rp6.000.000 per bulan dengan lama balik modal 1 bulan saja.

Sayur dan Buah Organik

Kesadaran pada gaya hidup sehat membuat sektor bisnis sayur dan buah organik cukup menjanjikan. Paling penting, jenis konsep pertanian ini akan dihargai dengan harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan usaha tani yang biasa kita kenal.

Ciri-ciri mencolok dari sayur dan buah organik yakni pembudidayaanya dilakukan tanpa zak kimia, baik itu menggunakan media tanam tanah atau bukan. Anda bisa memulainya dengan menanam sayur dan buah familiar dan mudah tumbuh di Indonesia, beberapa diantaranya seperti Bayam, Sawi-sawian, Kangkung, Cabai, Selada, Anggur, Stroberi, Lemon, Apel, Delima, Ceri, Semangka, sampai Pisang.

Untuk memulai usaha ini, Anda tak membutuhkan halaman luas atau menyewa tempat usaha di pinggir jalan.

Cukup berjualan dibawah rooftop rumah, maka Anda sudah bisa menjual hasil perkebunan berkualitas. Bicara soal keuntungan dari hasil penjualan sayuran dan buah organik bisa dibilang tak main-main.

Contohnya, jika Anda berhasil menjual 400 kemasan sayur atau buah organik per bulan dengan harga minimal Rp8.000, artinya sudah mendapatkan laba kotor sebesar Rp3.200.000. Laba tersebut nantinya dikurangi dengan biaya produksi yang meliputi biaya tidak tetap + biaya tetap dengan perkiraan sebesar Rp724.000.

Setelah dikurangi, maka Anda akan mendapatkan laba bersih Rp2.475.000 per bulan.

Florist

Peluang usaha florist atau toko bunga terbilang menggiurkan karena sangat dibutuhkan terutama untuk momen-momen tertentu seperti pernikahan, wisuda, pesta ulang tahun, dan momen istimewa lainnya.

Hanya saja, ide bisnis ini baru dikatakan tepat sasaran jika didirikan di kota besar. Hal ini karena kalangan masyarakat perkotaan lebih sering membutuhkan bunga dibandingkan dengan desa.

Hal mendasar untuk memulai bisnis ini adalah keterampilan merangkai, menyusun, dan papan perkataan bunga. Jika tidak memiliki skil tersebut, Anda bisa mencari rekanan hingga karyawan untuk menutupi kekurangan.

Poin dasar berikutnya, menghafal momen-momen penting seperti kelulusan, ulang tahun, pernikahan, dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk memikat konsumen dengan beragam promo menarik.

Perluas jaringan karena bisa saja, hasil karya kita mendapat perhatian para jasa Event Organization (EO) yang membutuhkan banyak rangkaian bunga.

Estimasi keuntungan yang didapat dari bisnis ini bisa mencapai Rp3.000.000 per hari dengan modal awal Rp1.000.000.

Bagaimana, menarik bukan? Setelah ini kami harap Anda memiliki informasi tentang gambaran ide bisnis kreatif untuk sektor perkebunan.