Kebun

Produksi Yang Tepat Untuk Tanaman

Semua petani pasti menginginkan tanaman yang ditanam tumbuh sehat dan berproduksi dengan baik dan meraih kesuksesan dengan apa yang di tanamnya dan semua ini tidak terlepas dengan yang namanya sarana produksi.

24

Semua petani pasti menginginkan tanaman yang ditanam tumbuh sehat dan berproduksi dengan baik dan meraih kesuksesan dengan apa yang di tanamnya dan semua ini tidak terlepas dengan yang namanya sarana produksi. Sarana produksi merupakan segala sesuatu yang membantu budidaya tanaman kita sehingga mendapatkan hasil yang optimal. 

Pada artikel kali ini kita akan bahas tentang sarana produksi apa saja yang harus diperhatikan dalam budidaya tanaman kita, mari kita simak.

  1. Pembenah Tanah Pertanian
    Ada banyak sekali produk pertanian pembenah tanah yang kita kenal di pasaran, mulai dari pupuk kandang, arang sekam, asam humat dan lain sebagainya tinggal teman-teman sesuaikan saja dengan budgetnya.
  2. Perhatikan Daun Bibit Tanaman
    Pastikan daun dalam kondisi sehat dan berwarna hijau cerah, biasanya bagian pucuk daun berwarna hijau kemerahan. dan hindari daun yang  ada bekas gigitan ulatnya dan yang menggulung, sebab daun yang sehat tidak akan menggulung.
  3. Perhatikan Batangnya
    Pilihlah batang tanaman yang tidak ada sambungannya dan sudah memiliki cabang. Hindari batang yang ada jamurnya karna batang yang tumbuh jamur bukanlah batang yang sehat.
  4. Perhatikan Akar Tanamannya
    Akar tanaman yang baik adalah yang memiliki akar serabut yang banyak dan dapat dilihat sebagai tanda bahwa tanaman tersebut dapat tubuh subur.
  5. Benih Atau Bibit
    Pemilihan benih atau bibit merupakan salah satu faktor penting dikarnakan akan menjadi potensi hasil tanaman yang kita budidayakan. 

Ada beberapa hal yang harus dilakukan saat pembelian benih ini teman-teman, diantaranya adalah :

  • Pilihlah benih yang berkemasan dan jelas produsennya siapa. 
  • Belilah benih yang kemasannya masih dalam keadaan bagus, cek kemasan apakah dalam keadaan cacat atau terbuka dan tanggal kadaluarsanya. 
  • Cek usia panen dan persentasi daya tumbuh, usahakan persentasi daya tumbuhnya diatas 80 persen.
  • Selanjutnya pilihlah varietas yang tahan serangan OPT, teman-teman harus memastikan bahwa benih yang dipilih adalah benih yang punya ketahanan baik pada organisme pengganggu tanaman (opt). 
  • Kemudian usahakan jangan membeli benih repacking atau packing ulang, kemudianyang keenam belilah pada toko yang punya reputasi yang baik.

Untuk teman-teman yang ingin menanam bentuk bibit yang sempurna, berikut tipsnya :

  1. Belilah bibit yang jelas dari varietas apa dan induknya seperti apa, karnaseperti yang kita ketahui anak itu tidak jauh miripnya dengan orangtuanya bukan.
  2. Teman-teman harus mengetahui bibit tersebut dari biji, cangkok, sambung atau okulasi, kalau menginginkan bibit yang cepat berbuah teman-teman bisa pilih bibit cangkok, sambung atau okulasi. Namun kelemahan bibit cangkok adalah tidak mempunyai perakaran sekuat sambung atau okulasi.
  3. Jangan membeli dari penjual yang tidak jelas reputasinya apalagi dengan harga murah, lebih baik kita membeli yang lebih mahal sedikit tetapi kita mengetahui jelas nilai reputasinya agar hasilnya tidak mengecewakan.

Seperti poin ke 3 diatas banyak sekali oknum yang menawarkan bibit diharga relatif sangat murah dan membuat kita tergiur, tetapi hati-hati benih palsu ya teman-teman, ciri-ciri benih palsu biasanya dilihat dari pertumbuhannya yang sangat lambat. Bila biasanya tanaman dapat tumbuh dalam jangka 6 bulan, benih palsu bisa saja tumbuh setelah bertahun-tahun. Maka dari itu harus diperhatikan yan teman-teman sumber benih yang kita beli harus jelas asal muasal nya.

Cukup sekian ya teman-teman info kita pada kali ini, dan semoga bermanfaat.