Dedauan

Obat Sakit Gigi Alami, Solusi Sementara Sebelum ke Dokter

Sakit gigi dapat dialami siapa saja dan kapan saja.

47

Sakit gigi dapat dialami siapa saja dan kapan saja. Kondisi ini tentu sangat mengganggu dan bisa memengaruhi aktifitas sehari-hari. Umumnya sakit gigi disebabkan oleh lubang atau kerusakan pada gigi, infeksi gusi, atau tumbuhnya gigi baru.

Sebelum bisa pergi ke dokter atau klinik gigi, ternyata ada cara alami yang bisa dilakukan untuk mendapatkan rasa nyaman dari sakit gigi. Caranya dengan memanfaatkan beberapa bahan alami yang mudah didapat dari dapur atau halaman rumah.

Bahan-bahan alami ini aman digunakan dan dipercaya dapat membantu meredakan rasa sakit, infeksi, atau peradangan pada gigi dan gusi. Penggunaannya pun sangat mudah, cukup dengan mengoleskan, mengunyah, atau berkumur saja.

Lantas bahan-bahan alami apa saja yang berkhasiat mengobati sakit gigi? Simak informasi selengkapnya pada artikel tentang 10 obat sakit gigi alami berikut ini.

Berikut ini 10 obat sakit gigi alami:

1. Garam

Garam merupakan bahan dapur sederhana yang ternyata berkhasiat mengatasi sakit gigi secara alami. Garam mampu berfungsi ganda sebagai antibakteri dan anti-inflamasi alami bagi gigi dan gusi yang sedang meradang atau terinfeksi.

Kandungan mineral seperti natrium klorida dan yodium pada garam bersifat antiseptik alami yang dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi. Selain itu, garam juga membantu mengurangi peradangan pada gusi akibat infeksi bakteri tersebut. Oleh sebab itu garam sangat baik digunakan sebagai bahan baku obat kumur alami untuk mengatasi sakit gigi.

Penerapan garam sebagai obat kumur sakit gigi terbilang sangat sederhana, hanya perlu melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Aduk hingga garam larut sempurna kemudian gunakan larutan garam tersebut untuk berkumur. Lakukan berkumur selama 30 detik hingga 1 menit setiap kali kumur. Rasakan sensasi segar dan bersih pada mulut setelah menggunakannya.

2. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh merupakan salah satu bahan alami yang sudah sejak lama dipercaya kemanjurannya untuk mengobati sakit gigi. Khasiatnya berasal dari senyawa kimia eugenol yang terkandung di dalam minyak cengkeh.

Senyawa eugenol pada minyak cengkeh bersifat analgesik alami yang mampu mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri pada gigi yang sedang sakit. Minyak cengkeh juga berfungsi sebagai anti-inflamasi alami yang dapat meredakan bengkak dan peradangan pada gusi yang terinfeksi.

Cara menggunakan minyak cengkeh cukup mudah. Kamu bisa mengkombinasikan 5 tetes minyak cengkeh dengan 1 sendok teh minyak zaitun, kemudian merendam kapas pada campuran itu. Selanjutnya, tempelkan kapas tersebut di area gigi sakit sambil ditekankan pelan agar minyaknya meresap. Lakukan pengompresan selama 10 menit sehari untuk mendapat efek maksimal.

3. Es Batu

Siapa sangka bahwa es batu yang biasa digunakan untuk mendinginkan minuman, ternyata ampuh juga untuk meredakan sakit gigi? Caranya cukup mudah, kamu tinggal menempelkan es batu yang dibungkus kain tipis ke pipi bagian luar dekat dengan gigi yang sakit.

Es batu bekerja dengan memberikan efek dingin dan sejuk pada area pipi dan gigi yang sedang meradang. Sensasi dingin ini mampu mengecilkan pembuluh darah di sekitar gigi, sehingga mengurangi peradangan dan tekanan pada saraf gigi yang menimbulkan rasa nyeri.

Agar lebih efektif, disarankan untuk mengompres pipi dengan es batu selama 20 menit, lalu istirahatkan 10 menit sebelum mengompres kembali. Lakukan pengompresan 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil maksimal dalam meredakan nyeri dan bengkak pada gigi yang sakit.

4. Bawang Putih

Siapa sangka bahwa bawang putih, selain memberikan rasa gurih pada masakan, ternyata juga berkhasiat sebagai obat sakit gigi alami. Bawang putih mengandung senyawa allicin dan ajoene yang terbukti bisa membunuh berbagai jenis bakteri penyebab infeksi, termasuk infeksi pada gigi dan gusi.

Selain sebagai antibakteri alami, bawang putih juga berfungsi sebagai anti inflamasi atau pengurang peradangan dan rasa nyeri. Oleh karena itu, bawang putih sangat direkomendasikan untuk meredakan bengkak dan menghilangkan rasa sakit akibat gigi berlubang, gigi retak atau patah, maupun tumbuh gigi pada anak-anak.

Cara menggunakan bawang putih cukup mudah. Cukup mengoleskan atau menggosokkan bawang putih yang sudah dihaluskan pada bagian gigi dan gusi yang sakit. Atau bisa juga dengan mengunyah irisan bawang putih segar secara perlahan di area gigi yang bermasalah tersebut. Lakukan pengobatan 2-3 kali sehari agar infeksi cepat sembuh.

5. Lemon

Buah lemon ternyata tak hanya enak untuk bahan minuman dan masakan, tetapi juga berkhasiat mengatasi sakit gigi secara alami. Kandungan utama pada lemon yang berperan dalam menyembuhkan sakit gigi adalah vitamin C dan asam sitrat.

Vitamin C dan asam sitrat pada lemon sama-sama bersifat sebagai antibakteri alami yang mampu membunuh kuman penyebab infeksi pada gigi dan gusi. Selain itu, kedua nutrisi ini juga berfungsi sebagai anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan dan peradangan, sehingga rasa nyeri berkurang.

Cara menggunakan lemon cukup mudah. Kamu bisa memarut kulit lemon lalu tempelkan pada bagian gigi dan gusi yang sakit atau berlubang. Atau bisa juga dengan meneteskan air perasan lemon langsung pada gigi bermasalah tersebut. Rasakan sensasi segar dan nyeri berkurang setelah mengoleskan lemon.

6. Jahe

Rimpang jahe ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya adalah untuk mengobati sakit gigi secara alami. Kandungan utama jahe yaitu gingerol dan shogaol terbukti berfungsi sebagai anti-inflamasi dan analgesik alami.

Gingerol dan shogaol pada jahe bekerja dengan cara menghambat hormon penyebab nyeri dan peradangan pada gigi dan gusi. Mekanisme ini yang membuat jahe sangat efektif untuk mengurangi pembengkakan, infeksi dan rasa sakit akibat gigi berlubang maupun impaksi gigi.

Untuk mendapatkan manfaat jahe, kamu bisa mengoleskan atau menggosokkan jahe yang sudah dihaluskan pada bagian gigi atau gusi yang sakit. Atau bisa juga dengan mengunyah potongan jahe segar secara perlahan untuk meredakan nyeri gigi. Gunakan jahe 2-3 kali sehari agar efek anti-inflamasinya maksimal.

7. Kunyit

Siapa sangka bahwa kunyit, rempah yang kerap digunakan untuk bumbu masakan dan jamu, ternyata juga ampuh menyembuhkan sakit gigi secara alami. Khasiat kunyit sebagai obat sakit gigi berasal dari kandungan utamanya, yakni kurkumin.

Senyawa kurkumin pada kunyit telah terbukti secara klinis memiliki aktivitas antibakteri dan anti-inflamasi yang tinggi. Dengan kemampuan tersebut, kunyit mampu membunuh kuman penyebab infeksi pada gigi serta meredakan radang dan nyeri dengan cepat.

Agar mendapatkan khasiatnya, cukup mengoleskan pasta atau air perasan kunyit segar pada bagian gigi dan gusi yang sakit atau bengkak. Atau bisa juga dengan mengunyah irisan kunyit segar secara perlahan di area gigi bermasalah tersebut. Lakukan 2-3 kali sehari agar sakit gigi lekas sembuh.

8. Teh Hijau

Teh hijau, selain menyegarkan tubuh juga ternyata ampuh untuk menyembuhkan sakit gigi secara alami. Khasiat teh hijau sebagai obat sakit gigi berasal dari kandungan senyawa bioaktif di dalamnya, khususnya polyphenol dan flavonoid.

Senyawa polyphenol dan flavonoid pada teh hijau telah terbukti memiliki aktivitas antibakteri yang tinggi. Dengan kemampuan membunuh bakteri penyebab infeksi tersebut, teh hijau sangat bagus digunakan untuk meredakan sakit gigi dan peradangan pada gusi akibat gigi berlubang.

Agar berhasil mengatasi sakit gigi, cukup berkumur menggunakan air seduhan teh hijau. Atau bisa juga dengan mengompres langsung daun teh hijau pada gigi dan gusi yang sakit untuk mendapatkan efek antibakterinya. Gunakan teh hijau 2-3 kali sehari untuk hasil yang maksimal.

9. Madu

Siapa sangka ternyata madu, selain manis dan enak dimakan, juga menyimpan manfaat luar biasa untuk mengatasi sakit gigi secara alami. Kandungan utama madu yang berperan dalam menyembuhkan sakit gigi adalah senyawa flavonoid, asam fenolat, dan beebread.

Ketiga senyawa pada madu tersebut telah terbukti secara ilmiah mampu berfungsi sebagai antibakteri dan anti-inflamasi alami. Mekanisme inilah yang membantu madu membunuh kuman penyebab infeksi gigi dan meredakan pembengkakan serta rasa nyeri dengan cepat.

Cara menggunakan madu untuk sakit gigi sangat praktis. oleskan madu pada bagian luar gigi dan gusi yang sakit atau bengkak. Atau bisa juga dengan mengoleskan madu pada jari lalu digosokkan secara lembut pada gigi yang bermasalah tersebut. 

10. Daun Jambu Biji

Daun jambu biji ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan, salah satunya sebagai obat alami sakit gigi. Daun jambu biji mengandung senyawa flavonoid, tanin, dan beberapa mineral yang berfungsi sebagai anti-inflamasi dan antibakteri alami.

Dengan kemampuan tersebut, daun jambu biji terbukti sangat ampuh untuk meredakan peradangan dan infeksi pada gigi serta gusi. Cara penggunaannya pun cukup mudah, kunyah daun jambu biji segar yang sudah bersih atau menggunakan air rebusannya sebagai obat kumur.

Gunakan daun jambu biji secara rutin dua sampai tiga kali sehari untuk mempercepat penyembuhan sakit gigi dan peradangan gusi. Manfaatkan daun jambu biji sebagai obat alami sakit gigi murah meriah dari halaman rumah sendiri.

Penutup

Itulah 10 obat sakit gigi alami yang terbukti ampuh mengatasi berbagai permasalahan pada gigi dan gusi, mulai dari infeksi, peradangan, hingga rasa nyeri yang mendera. Bahan-bahan alami tersebut mengandung beragam senyawa aktif yang berfungsi sebagai antibakteri, anti-inflamasi, dan analgesik alami.

Pengobatan sakit gigi secara alami memang lebih aman dan menyehatkan. Akan tetapi, metode ini tetap memiliki batasan kemampuan dalam menyembuhkan. Oleh karena itu, jangan segan untuk berkonsultasi dan memeriksakan diri ke dokter atau dokter gigi jika keluhan tidak juga membaik dalam 2-3 hari.

Selalu jaga kebersihan dan kesehatan gigi secara rutin agar terhindar dari kasus gigi berlubang, iritasi gusi, atau kerusakan gigi lainnya. Kunjungi dokter gigi minimal 2 kali dalam setahun untuk pemeriksaan dan pembersihan gigi secara menyeluruh. Semoga informasi ini bisa menambah pengetahuan Anda tentang pengobatan sakit gigi.