Dedauan

Perbedaan tumbuhan dan tanaman yang kamu harus tau !!!

Ternyata, masih banyak orang menganggap tanaman dan tumbuhan itu sama.

42

Ternyata, masih banyak orang menganggap tanaman dan tumbuhan itu sama. Bahkan perdebatan kadang terjadi soal perbedaan tanaman dan tumbuhan. (Apa iya.?? Tanaman dan tumbuhan itu ada bedanya.??, bedanya dimana.???). Kurang lebih seperti itu pertanyaan yang muncul di sekitar kita. 

Secara umum, memang banyak orang menganggap kalau tanaman dan tumbuhan itu adalah sesuatu yang sama, akan tetapi itu adalah dua hal yang berbeda walaupun pada dasarnya tanaman dan tumbuhan adalah sama-sama flora.

Dalam pengertiannya secara definitif, (Tanaman adalah flora yang hidup karna adanya campurtangan manusia yang secara sadar dilakukan untuk kepentingan manusia itu sendiri). Namun, (Tumbuhan merupakan flora yang hidup karna faktor alam dan bekembang biak secara alami tanpa campurtangan manusia). 

Misalnya ada pertanyaan (apa sih bedanya tumbuhan tomat dan tanaman tomat ?). Jawabannya sangat simpel, (Tumbuhan tomat hidup dan berkembang biak tanpa ada campurtangan manusia), sedangkan (Tanaman tomat hidup dengan campurtangan manusia secara sadar dan sengaja dilakukan untuk kepentingan dan kebutuhan manusia).


Jadi, kesimpulannya tanaman dan tumbuhan adalah hal yang berbeda. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa sekurang-kurangnya ada 5 kesimpulan perbedaan antara tanaman dan tumbuhan.

5 kesimpulan perbedaqan tanaman dan tumbuhan 


1. Tumbuhan merupakan flora secara umum yang meliputi tanaman. Artinya, semua tanaman adalah tumbuhan namun tidak semua tumbuhan adalah tanaman.


2. Tumbuhan dapat hidup dan berkembang tanpa campurtangan manusia, namun tanaman hidup dengan campurtangan manusia (Dibudidayakan).


3. Tanaman banyak di ambil manfaatnya untuk kepentingan manusia, misalnya untuk ekonomi dan kebutuhan rumah tangga. Sedangkan tumbuhan tidak semua dapat di ambil manfaatnya (Tidak semua tumbuhan bernilai ekonomi).


4. Tumbuhan hidup di alam bebas dan memiliki habitat, namun tanaman hidup dengan cara dibudidayakan, dikelompokkan dalam satu wadah atau media.


5. Tanaman dikelompokkan dalam pengaruh ekonomi, sosial dan budaya seperti tanaman obat-obatan, tanaman pertanian, perkebunan dan tanaman kehutanan. Sedangkan tumbuhan dikelompokkan berdasarkan ciri-ciri dan karakteristik biologis yang penelitiannya lebih mendalam di bidang biodiversity, misalnya tumbuhan dikotil, monokotil dan lain sebagainya.

Sekian penjelasan singkat tentang perbedaan dan tumbuhan.
Semoga bernilai manfaat dan dapat menambah wawasan kita semua.