Pepohonan

6 Kayu Terbaik Yang Ada Di Indonesia

Indonesia merupakan salah satu gudang penghasil kayu terbaik yang ada di dunia dikarenakan berada di daerah iklim dan tanahnya yang mendukung sehingga menghasilkan varian kayu yang berkualitas tinggi.

30

Indonesia merupakan salah satu gudang penghasil kayu terbaik yang ada di dunia dikarenakan berada di daerah iklim dan tanahnya yang mendukung sehingga menghasilkan varian kayu yang berkualitas tinggi. 

Manusia telah menggunakan kayu sejak ribuan tahun lalu untuk kehidupan sehari-hari seperti bahan untuk bangunan, perabotan, bahan bakar, senjata dan bahan baku industri seperti pembuatan kertas.

Berikut adalah rangkuman jenis-jenis kayu terbaik yang ada di Indonesia :

  1. Kayu Trembesi
    Dari tampilan nya kayu trembesi memiliki garis tengah yang berwarna gelap seperti coklat tua dan sedikit hitam danberatnya mencapai 0,6 kg per meter kubik. Di daerah jawa kayu trembesi ini disebut dengan pohon munggur. Pohon kayu ini bisa tumbuh hingga 8 meter. Harga kayu trembesi per kubiknya dengan diameter batang 40 cm dihargai 1,5 juta-2 juta rupiah. 
  2. Kayu Meranti
    Kayu yang satu ini mudah dikeringkan dan memiliki tekstur yang keras. Kayu ini tidak mudah mengalami perubahan dan tidak mudah menyusut. Kekuatan kayu ini membuat kayu merantti menjadi anti rayap. Harga kayu meranti per kubiknya adalah sekitar 4,7 juta rupiah. 
  3. Kayu jati
    Kayu jati merupakan kayu yang paling banyak dikenal di Indonesia. Kayu ini dapat tumbuh 50-70 meter. Kayu ini memiliki harga yang terjangkau, yaitu sekitar 55 ribu rupiah per meter kubiknya.
  4. Kayu Mahogani
    Kayu ini berwarna merah muda, akan tetapi ada juga yang berwarna merah tua yang menandakan umurnya sudah lebih dari 25 tahun. Bagian tepi kayu ini selalu berwarna putih. Kayu ini biasa dijual dengan harga 3,25 juta per kubiknya.
  5. Kayu Sungkai
    Pohon kayu sungkai dapat tumbuh hingga ketinggian 20-30 meter diameter batangnya mencapai 60cm. Kayu sungkai dapat tumbuh diberbagai jenis tanah, namun pada umunya pohon kayu sungkai tumbuh di daerah tanah yang mengandung air yang cukup seperti di tepian sungai. Harga kayu sungkai ini dimulai dengan harga 7.8 juta per meter kubiknya.
  6. Kayu Cendana
    Kayu ini banyak digemari karna wanginya yang khas dan bernilai tinggi. kayu ini tumbuh di daerah padang rumput dan semak belukar juga di tropis yang memiliki kemarau panjang. Harga kayu cendana dimulai dari 300-600 per kg nya.

Bagaimana teman-teman ? Apakah salah satu dari jenis kayu diatas berada di dekat dari rumahmu ?