Pepohonan

Ini 10 Pohon yang Harus Ada di Sekitar Rumah

Kenyamanan di rumah menjadi impian setiap individu.

40

Kenyamanan di rumah menjadi impian setiap individu. Sayangnya, tidak semua orang memiliki kesempatan untuk mendapatkan rumah yang benar-benar nyaman. Akibat dari keadaan misalnya, lahan yang sempit biasanya menjadi kendala dalam mengelola rumah: pekarangan dan fasilitasnya.

Beberapa orang menganggap membeli rumah di perumahan sebenarnya biayanya hampir sama dengan membeli tanah. Hanya saja membeli tanah tidak bisa menyicil perbulannya sementara perumahan, meskipun lahannya hanya cukup untuk rumah saja, tetapi uang untuk membelinya dapat dicicil tiap bulan. Jadi sebesar apa kebutuhan akan rumah impian itu tergatung dari masing-masing orang.

Indonesia yang menganut 2 musim ini, harus memiliki cadangan air saat kemarau dan penyerapan air saat hujan. Oleh karena itu, dibutuhkan adanya pepohonan di sekitar kita, terutama di rumah. Tidak harus pepohonan yang benar-benar bisa menahan air seperti Beringin. Pepohonan haruslah bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari. Alangkah bagusnya jika sekaligus bisa dimasukkan sebagai bahan pagan utama maupun khusus.

Singkong

Berbekal 1 ruas singkong, kita dapat memakan umbi singkong sebanyak 3 kali saat panen. Itulah hebatnya ada di tanah Indonesia yang Tongkat kayu jadi tanaman (lirik lagu Koes Plus - Kolam Susu). Kunci dari menanam batang singkong hanyalah batangnya yang bersatu dengan tanah. Walaupun hanya diletakkan saja di atas tanah, daun dan umbinya sudah bisa dijadikan sebagai lauk.

Kelapa

Tunas kelapa yang dijadikan lambang pramuka adalah bukti betapa besar manfaat kelapa di kehidupan manusia. Tidak hanya buahnya ketika muda yang menyegarkan, tetapi ketika tua, buah kelapa bisa dijadikan santan untuk membuat lauk dan kue aneka ragam.

Pelepahnya bisa diambil lidinya untuk sapu. Pohonnya bisa dijadikan tiang pembuatan rumah panggung dan masih banyak lagi kegunaan yang lain. Terutama ketika pulang memancing, ikan yang didapat bisa dipanggang dengan bara api dari batok kelapa, diijamin makin lezat.

Pisang

Jangan menganggap remeh pisang muda, meskipun belum matang, pisang muda sudah bisa dijadikan lauk dalam kuah gulai. Biasanya masakan ini banyak dibuat dikeluarga Melayu. Di Sumatera saja contohnya, pecinta masakan berkuah akan ikut memburu pisang muda untuk digulai bersama ikan teri yang ditumbuk atau ikan yang direbus dalam kuah begitu saja. 

Pisang matang bisa dimakan langsung dan dibuat kolak maupun aneka kue lain. Pelengkapnya daun pisang, kue atau masakan di kukus, direbus, atau digoreng di dalamnya, rasanya akan aduhai. 

Bambu

Kelajutan dari enaknya gulai ikan tadi yaitu ditambahkannya rebung (bambu muda). Rasanya yang seperti kerupuk keras itu, menambah nafsu makan dan keinginan menambah nasi semakin merajalela.

Jengkol, Petai, dan Kabau

Beberapa orang kesulitan memakan jengkol, petai, dan kabau karena bau dan rasanya. Namun, tidak sedkit juga peminat sayur (jengkol dan petai) dan buah (kabau) ini. Sebenarnya tidak perlu diolah, sayur dan buah ini bisa dimakan langsung. Nilai jualnya juga tinggi sehingga selain bisa dikonsumsi sendiri, juga bisa dijual untuk pendapatan tambahan.

Mangga

Mendapatkan bibit pohon mangga yang bagus sebenarnya juga cukup sulit. Andaikan pembibitan dimulai dari biji, kadang-kadang tumbuh dan hasilnya belum tentu seperti induknya. Jika pembibitan  melalui proses pembelian dengan teknik cangkok, juga harus dilihat benar apakah sesuai harga dengan kualitasnya. Mangga asli Indonesia yang saat ini bisa dikatakan langka adalah mangga Lalijiwo. Rasanya yang manis dan buah yang tebal memang tidak bisa dilupakan (lali: dalam bahasa Jawa artinya lupa).

Nanas

Salah satu pohon yang bibitnya pasti tumbuh jika bersentuhan dengan tanah selain singkong adalah pohon nanas. Setiap panen, mahkota nanas bisa langsung ditanam. Jangan khawatir apabila tanahnya kurang subur, mahkota nanas bisa tahan terhadap cuaca.

Durian

Durian menjadi salah satu pilihan yang harus ditanam di rumah karena pohonnya sudah jarang dimiliki. Padahal buahnya begitu enak walaupun tidak semua orang suka. Memang kita dapat membeli buah ini di pasar atau di toko buah, masalahnya kadang rasanya tidak seenak milik sendiri. Selain itu, Anda bisa makan sepuasnya jika memiliki pohonnya.

Sirsak

Sama halya seperti pohon durian, sirsak juga jarang yang menanam dan memilikinya. Buah sirsak sangat menyegarkan jika dibuat jus. Namun, buah ini memang sudah jarang ditemukan.

Kelengkeng

Kelengkeng tidak perlu perawatan khusus. Setelah ditanam, perawatan yang harus dilaksanakan hanyalah membungkus buahnya dengan jaring. Jika tidak, niscaya buah ini tidak akan pernah bisa dipanen. Alasannya musuh buah ini begitu banyak mengingat rasanya yang benar-benar manis.

Tanaman di atas adalah rekomendasi sempurna demi kelangsungan hidup berumah tangga. Selain bisa dikonsumsi, 10 pohon ini bisa dijadikan ladang amal dengan saling memberi dan bisa dijadikan pusat jual beli. 

Follow Perkebunan Indonesia Di Google news