Pepohonan

Seluk Beluk Cabe Keriting: Tanaman Pedas yang Mendominasi Dapur Indonesia

Seluk Beluk Cabe Keriting: Tanaman Pedas yang Mendominasi Dapur Indonesia Cabe keriting merupakan salah satu bumbu dapur yang paling ikonik di Indonesia.

20
Seluk Beluk Cabe Keriting: Tanaman Pedas yang Mendominasi Dapur Indonesia

Seluk Beluk Cabe Keriting: Tanaman Pedas yang Mendominasi Dapur Indonesia Cabe keriting merupakan salah satu bumbu dapur yang paling ikonik di Indonesia. Dapur Indonesia mana yang tidak punya bumbu ini di tempat sayur dan bumbunya? Rasa pedasnya khas banget dan cocok serta praktis dijadikan bahan dalam hidangan masakan Indonesia. Nah, biar lebih dekat dengan cabe keriting, artikel ini akan menjelajahi sejarah, keanekaragaman, budidaya, dan peran penting cabe keriting dalam kuliner Indonesia.

Kenali Lebih Dekat tentang Cabe Keriting 

Sejarah dan Asal Usul 

Cabe keriting, atau yang juga dikenal dengan nama cabe rawit keriting, merupakan anggota dari keluarga Solanaceae. Tanaman ini memiliki sejarah panjang dalam kuliner Indonesia. Cabe atau cabai pertama kali diperkenalkan ke Indonesia oleh pedagang India sekitar abad ke-16 selama periode perdagangan rempah-rempah. Sejak saat itu, cabe keriting telah menjadi bagian tak terpisahkan dari masakan Indonesia.

 Keanekaragaman Varietas 

Cabe keriting memiliki beragam varietas yang berbeda berdasarkan warna, bentuk, dan tingkat kepedasannya. Beberapa varietas yang paling populer di Indonesia adalah cabe keriting merah, hijau, dan kuning. Masing-masing memiliki karakteristik yang sedikit berbeda, sehingga memberikan nuansa berbeda dalam masakan, mulai dari perbedaan warna hingga perbedaan rasa dan tingkat pedas. 

Kegunaan dalam Kuliner 

Cabe keriting menjadi bumbu wajib dalam berbagai hidangan Indonesia. Seringkali dipakai sebagai bahan utama atau juga sebagai bahan tambahan untuk memberikan rasa pedas yang khas. Di samping itu, cabe keriting juga digunakan untuk membuat sambal, saus, dan bumbu khas Indonesia seperti "sambal terasi" dan "sambal goreng ati”. Katanya orang Indonesia tidak bisa makan kalau belum ada sambal di piringnya. Apa benar? 

Budidaya Cabe Keriting 

Budidaya cabe keriting adalah kegiatan yang umum di berbagai wilayah Indonesia. Tanaman ini tumbuh subur di berbagai jenis tanah dan iklim di Indonesia. Petani-petani Indonesia telah mengembangkan berbagai teknik budidaya untuk memastikan hasil yang maksimal. Bahkan orang yang bukan petani saja bisa membudidayakan cabe keriting hanya dengan bermodalkan lahan. Pasalnya, tanaman ini bisa ditanam di halaman belakang rumah atau pekarangan. 

Nilai Gizi dan Kesehatan 

Selain memberikan rasa pedas yang menggugah selera, cabe keriting juga pastinya memiliki nilai gizi. Cabe keriting mengandung vitamin C, vitamin A, dan serat. Sejumlah penelitian juga mengindikasikan bahwa konsumsi cabe keriting dalam jumlah yang banyak dapat membantu meningkatkan metabolisme dan meredakan rasa sakit. 

Nah, kalau di Indonesia sendiri banyak makanan yang menggunakan cabe sebagai salah satu bahan yang penting, mulai dari rendang hingga nasi goreng. Kehadiran cabe keriting selalu menghadirkan rasa pedas yang menggugah selera dan membuktikan kekayaan kuliner Indonesia. Kalau kamu sendiri lebih suka cabe keriting merah atau cabe keriting hijau?