Pepohonan

Ternyata Gula Aren Dan Kolang Kaling Berasal Dari Pohon Yang Sama

Kolang kaling adalah makanan khas yang selalu tersaji pada bulan ramadhan terlebih lagi pada hari raya idul fitri buah ini selalu menjadi incaran emak-emak untuk didajikan menjadi santapan di hari raya.

31

Kolang kaling adalah makanan khas yang selalu tersaji pada bulan ramadhan terlebih lagi pada hari raya idul fitri buah ini selalu menjadi incaran emak-emak untuk didajikan menjadi santapan di hari raya. Pohon buah kolang kaling ini disebut dengan pohon aren karna selain menjadi buah kolang kaling pohon ini merupakan pohon penghasil gula aren.

Pohon ini sangat tinggi hingga bisa mencapa 25 meter, buahnya memiliki fisik yang bulat melonjong berwarna putih transparan dan apabila dimakan sangat menyegarkan tenggorokan. Karbohidrat yang terkandung di dalam buah kolang kaling ini membuat rasa kenyang bagi yang mengonsumsinya, sehingga buah ini bisa dijadikan alternatif bila ingin diet.

Sebelum buah kolang kaling ini dipasarkan terlebih dahulu buahnya di pisahkan dari tangkainya, harus hati-hati ya teman-teman agar getah pada tangkainya tidak mengenai tangan dikarnakan akan menimbulkan rasa gatal yang ter amat dahsyat hingga menimbulkan kemerahan pada kulit. Semakin digaruk maka akan semakin gatal dan kelamaan akan menimbulkan luka dan menjadi koreng. Oleh sebab itu jika terasa gatal oleskan saja dengan minyak agar rasa gatalnya berkurang.

Setelah Buahnya dipisahkan selanjutnya buahnya direndam pada air mendidih selama 3 jam dan kemudian ditiriskan dan dibelah untuk mengeuarkan buahnya yang berwarna putih tersebut. Sebelum diedar biasanya bahnya direndam menggunakan air larutan kapur selama berhari-hari terlebih dahulu agar mengeluarkan getahnya yang gatal dan beracun, awal nya buah memang terlihat kecil tetapi jika setelah direndam buah akan mengembang dan lebih besar.

Selain menjadi santapan pada hari raya idul fitri pohon aren ini juga menjadi bahan dasar pembuatan gula aren dengan menyadap tandan bunga jantan dan menghamburkan serbuk sari yang berwarna kuning, kemduian tandan dipukul selama berhari-hari hingga mengeluarkan cairan dari dalamnya. Kemudian tandan dipotong dan ujungnya digantung lalu cairan yang menetes ditampung. 

Cairan manis yang keluar dari tandan tersebut disebut nira dan apabila telah terisi penuh harus segera diolah dikarnakan nira ini tidak tahan lama, biasanya dalam sehari dua kai pengambilan, pada pahi dan sore hari.

Setelah dikumpulkan nira tersebut dimasak hingga mengental dan menjadi gula cair, kemudian gula cair ini dibubuhkan bahan pengeras agar gulanya membeku dan dapat dibentuk menjadi gula aren. Atau dicampur dengan bahan pemisah seperti minyak kelapa agar terbentuk gula aren bubuk yang disebut dengan gula semut.

Manfaat pohon ini banyak sekali sama seperti pohon kelapa yang disebut sebagai pohon serba guna. Daun pohon ini dapat dianyam menjadi atap rumah dan pucuk daun nya bisa dijadikan janur dan lembaran daunnya dipintal menjadi tali dan lidinya dijadikan sapu lidi. Semua serba bisa dimanfaatkan sama halnya seperti pada pohon kelapa.

pohon ini dapat dikembang biakkan melalui biji yang berasal dari batang pohon yang besar dengan pelepah daun yang merunduk dan rimbun dan harus memiliki nilai produktifitas yang tinggi. buah yang digunakan sebagai benih tanaman harus dalam keadaan matang dan sehat yang ditandai dengan kulit buah yang berwarna kuning kecoklatan, tidak terserang hama penyakit dan berdiameter lebih kurang 4cm. 

Kemudian benih disemaikan dengan media campur pasir dan serbuk gergaji dengan perbandingan dua banding satu. Agar proses perkecambahan berlangsung cepat, tempurung biji bisa digosok dengan menggunakan kertas pasir dan kemudian direndam dalam air baru kemudian disemaikan. Benih harus disiram setiap hari agar menciptakan kelembapan yang tinggi. 

Setelah terbentuk apokol 3-5 cm kemudian dipindahkan ketempat pembibitan atau polybag yang berdiameter 25cm yang telah dicampur dengan tanah lapisan dan pupuk kandang. Bibit yang telah dipindahkan ini memerlukan penyiraman dan hindari dari sinar matahari langsung. Bibit aren dapat dipindahkan kelapangan seteah berumur 6-8 bulan sejak daun pertama tumbuh. 

Seperti yang kita ketahui segala sesuatu yang berlebihan itu akan menimbulkan efek yang tidak baik. Walaupun teman-teman sangat menyukai buah ini akan tetapi jangan mengonsumsinya terlalu berlebihan ya, dapat menyebabkan antara lain:

  1. Gejala pembesaran hati dan ginjal
  2. Gangguan fungsi hati dan kerusakan hati
  3. Gangguan fisiologis tubuh
  4. Kerusakan hati

Seperti yang telah kita bahas diatas, buah kolang kaling dapat dijadikan makanan alternatif untuk diet karena mengandung air dan gelatin yang cukup banyak sehingga menghasilkan efek kenyang pada pengomsumsinya. Proses pencernaan pada usus pun dapat diperlambat karena serat yang terkandung dalam kolang kaling dan menyebabkan berkurangnya aliran energi dalam tubuh. oleh sebab itu kolang kaling dapat dijadikan alternatif menu diet untuk mengendalikan nafsu makan. Tetapi ingat ya teman-teman dalam mengonsumsinya jangan sampai diluar batas wajar.

Kebetulan saat lebaran nanti teman-teman akan menjumpai subjek utama yang kita bahas ini dalam berbagai olahan. Seperti ditempat saya selalu disajikan dengan sirup marjan. Ada yang berwarna merah dan adapula yang berwarna hijau. Jika disajikan dengan es akan menciptakan kesegaran yang luar biasa. 

Apakah teman-teman pecinta kolang kaling dan berniat untuk membudidayakannya ? jika bisa menjadi mata pencaharian apa salahnya jika dicoba. 

Cukup sekian pembahasan kita mengenai pohon aren kali ini, semoga bermanfaat ya teman-teman.