Pepohonan

Mengenal Keindahan Tanaman Tabebuya dan Tips Menanamnya

Menaman pohon memang menyenangkan, apalagi pohon bunga yang memiliki warna indah dan warna-warni.

7

Menaman pohon memang menyenangkan, apalagi pohon bunga yang memiliki warna indah dan warna-warni. Karena ini akan menjadi pusat perhatian setiap orang. Bagi Anda yang senang menanam tanaman bunga-bungaan, Anda tentu harus menanam tanaman Tabebuya. 

Siapa yang tidak mengenal tanaman cantik yang satu ini, Tabebuya, dengan bunga-bunga cerah yang menawan, adalah tanaman yang tidak hanya memperindah lingkungan tetapi juga memberikan manfaat ekologis. Tanaman yang satu ini juga memiliki tampilan yang hampir mirip dengan tanaman bunga Sakura dari negara Jepang. Tabebuya sendiri berasal dari Amerika dan tanaman sejenis bunga ini juga telah menyebar ke berbagai wilayah tropis dan subtropis di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Keelokan dan warna bunganya yang cerah, tentu membuat siapapun ikut terpanah melihatnya. 

Ciri Khas Tanaman Tabebuya

Bagi Anda yang belum pernah melihat tanaman tabebuya, tentu akan kebingungan mengenai bagaimana bentuk dan rupanya. Berikut ini ada beberapa ciri khas dari tanaman Tabebuya, di antaranya sebagai berikut:

  1. Tabebuya dikenal dengan bunganya yang indah dan berwarna cerah, seperti merah muda, emas, putih, ungu, dan merah
  2. Tanaman ini dikenal karena ketahanannya yang lama dan cocok untuk ditanam di luar ruangan
  3. Tabebuya juga memiliki manfaat ekologis. Selain dikagumi karena keindahannya, Tabebuya juga bermanfaat untuk meredakan demam, mencegah malaria, dan membuat udara di sekitar menjadi lebih bersih
  4. Termasuk ke dalam kelompok tumbuhan besar dan bisa tumbuh mencapai ketinggian 5 meter bahkan 50 meter.
  5. Bunga tabebuya ini juga menyerupai terompet dan sama persis dengan tanaman bunga Sakura
  6. Bunga menjadi dominasi pohon ini. Di mana Anda akan jarang melihat dedaunan ketika tabebuya bersemi.

Cara Menanam Tabebuya

Bagi Anda yang ingin sekali menanam Tabebuya di halaman rumah, tentu ada beberapa hal yang wajib Anda perhatikan sebelum menanamnya. Berikut ini ada beberapa tata cara menanam Tabebuya dengan benar, yakni:

  1. Langkah awal, mulailah dengan membeli bibit berkualitas atau benih Tabebuya dari pedagang tanaman terpercaya
  2. Kemudian, Anda bisa menyiapkan lubang tanam dengan ukuran yang cukup, biasanya 50x50x50 cm, untuk memberikan ruang bagi akar berkembang
  3. Setelah tanaman tumbuh secara alami selama satu tahun, Anda bisa langsung memberikan pupuk untuk nutrisi yang cukup dan menjaga keseimbangan kelembaban tanah
  4. Lalu, Anda juga diwajibkan untuk melakukan pemangkasan pohon secara rutin untuk membentuk tajuk dan merangsang pertumbuhan bunga agar lebih banyak dan cantik.

Tips Merawat Tanaman Tabebuya Agar Tetap Cantik

Selain itu, untuk merawat tanaman ini pun tergolong mudah. Berikut ini tips penting merawat Tabebuya agar tetap cantik dan memesona, di antaranya:

  1. Pastikan tanaman Tabebuya mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk pertumbuhan optimal. Karena sama seperti pada tanaman pada umumnya Tabebuya juga membutuhkan sinar matahari
  2. Jauhkan dari area yang sering tergenang air untuk menghindari kerusakan dan pembusukan pada akar tanaman
  3. Berikan air secara teratur, terutama pada musim kemarau, untuk memberi nutrisi dan menjaga kelembaban tanah. Ini juga dilakukan agar Tabebuya tidak mati dan kering.

Tabebuya adalah pilihan tanaman yang tepat bagi Anda yang ingin menambah keindahan taman dengan tanaman yang mudah dirawat dan memiliki banyak manfaat. Dengan perawatan yang tepat, Tabebuya akan tumbuh subur dan mempercantik lingkungan Anda dengan keindahan pemandangan bunga-bunga cerahnya. 

Demikianlah ulasan singkat mengenai tanaman Tabebuya dan tips menanam hingga merawatnya. Tanaman ini dikenal sebagai tanaman Sakura yang bisa menjadi referensi untuk memperindah halaman dan taman Anda.