Pepohonan

Pohon Seribu Manfaat

Beruntunglah orang-orang yang memiliki pepohonan yang satu ini karna bermanfaat mulai dari akar hingga kulit buahnya, dikarenakan banyak memiliki manfaat, pohon ini pun dijuluki dengan pohon serba guna atau pohon seribu manfaat.

26

Beruntunglah orang-orang yang memiliki pepohonan yang satu ini karna bermanfaat mulai dari akar hingga kulit buahnya, dikarenakan banyak memiliki manfaat, pohon ini pun dijuluki dengan pohon serba guna atau pohon seribu manfaat. Pohon ini tumbuh di daerah tropis dan tanah yang berpasir. Apakah sudah tertebak ? tentu saja dia adalah pohon kelapa.

Pohon kelapa banyak sekali kita temui di pantai, pohon yang bisa memiliki tinggi hingga 30 meter ini juga banyak ditanami oleh masyarakat yang tinggal di pedesaan. Pohon yang satu ini termasuk pohon musiman, jadi dia bisa berbuah kapan saja. Banyak orang mengira bahwa buah kelapa saja yang bisa dimanfaatkan oleh manusia, padahal kegunaan nya banyak sekali loh. 

Nah mari kita bahas satu persatu manfaat pohon kelapa ini, dimulai dari akarnya.

  • Akar Kelapa
    Dipercaya dapat melancarkan pencernaan dan mengobati gatal-gatal, menjadi bahan pewarna perabotan rumah tangga dan juga merupakan menjadi salah satu bahan pembuatan sikat gigi. Selain itu akar kelapa juga telah digunakan sebagai alat pembuatan kalung dan gelang yang memiliki nilai yang sangat tinggi. 
  • Batang Kelapa
    Memiliki fisik yang keras dan kuat sehingga dapat dijadikan pengganti kayu, dan diolah menjadi komponen bangunan rumah, dan menjadi jembatan. Ekstrak batang kelapa juga dimanfaatkan untuk pembuatan kertas, dan menjadi sumber energi untuk pembuatan arang dan kriket.
  • Daun Kelapa
    Bisa dianyam dengan rapi dan digunakan sebagai atap rumah, untuk dekorasi sebuah acara seperti hiasan janur pernikahan dan masih banyak lagi. Selain itu daun kelapa juga sering digunakan sebagai pembungkus makanan seperti ketupat, pembuatan sapu lidi dan juga tusuk sate.
  • Bunga Kelapa
    Bagian berikutnya dari kelapa yang dapat digunakan adalah bunga kelapa yang biasa digunakan menjadi bahan utama untuk pembuatan cuka, alkohol dan obat tradisional. Selain itu bunga kelapa juga digunakan sebagai alat kerajinan tangan seperti tas dan topi. Di daerah Yogyakarta bunga kelapa biasa dijadikan bahan makanan yang disebut gudeg. 
  • Buah kelapa
    Bagian buah kelapa yang paling dominan kita ingat adalah air nya yang segar. Selain dijadikan bahan minuman, airnya juga dapat dibuat menjadi nata de coco. Kemudian daging buah diolah menjadi minyak kelapa, santan dan kelapa parut kering. Bahkan ampas dari kelapa parut yang telah digunakan masih bermanfaat bagi kehidupan kita. Jika anda telah membaca artikel sebelumnya pasti anda mengetahui apa saja kegunaan dari ampas kelapa tersebut.
  • Sabut kelapa
    Keset kaki adalah salah satu kerajinan tangan yang berbahan dari sabut kelapa, selain itu sabut kelapa juga menjadi bahan pembuatan sapu, tali tambang dan juga bahan bakar.
  • Tempurung kelapa
    Banyak sekali masyarakat memanfaatkan tempurung kelapa menjadi sebuah kerajinan seperti centong nasi, mangkok, cangkir, asbak rokok dan lain sebagainya. pembuatan arang aktif juga berbahan dasar dari tempurung kelapa. Apabila tempurung kelapa dalam keadaan sangat kering, bisa juga dijadikan sebagai bahan bakar atau bahan panggangan seperti yang sering kita jumpai di penjual sate. 

Serba guna sekali ya teman-teman. Ini masih sebagian kecilnya saja, masih banyak lagi kegunaan pohon kelapa yang bisa kita jumpai di kehidupan kita. Pantas saja pohon kelapa menjadi lambang dari simbol pramuka, ternyata dikarenakan memiliki banyak manfaat.